logo


Cara Mudah Bertanam Bunga Jengger Ayam

Tanaman yang berasal dari daerah tropis ini diperbanyak melalui biji yang dihasilkan oleh buah yang menyatu dengan bunga.

4 Mei 2020 14:19 WIB

Bunga Jengger Ayam (Celosia cristata)
Bunga Jengger Ayam (Celosia cristata) faunadanflora

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Bunga jengger ayam atau jewer kotok memiliki nama latin Celosia cristata yang merupakan termasuk dalam family bayam-bayaman.

Jengger ayam merupakan tanaman semusim yang tumbuh tegak dengan tinggi antara 60 cm - 90 cm, pada umumnya tidak tumbuh liar melainkan di taman-taman atau halaman rumah sebagai tanaman hias.

Tanaman yang berasal dari daerah tropis ini diperbanyak melalui biji yang dihasilkan oleh buah yang menyatu dengan bunga.


Mudahnya Menanam Bunga Asoka

Jengger ayam bisa ditanam di lahan maupun di pot. Untuk menanamnya di lahan maka harus dibuat bedengan yang benar benar bersih dari gulma-gulma yang tumbuh. Kemudian sebarkan pupuk kandang atau kompos secara merata di atas permukaan bedengan.

Setelah itu, anda dapat melakukan penanaman dengan cara menyebarkan benih ke permukaan bedengan. Kemudian taburkan pupuk kandang halus atau kompos untuk menutupi biji yang telah di sebar tadi.

Biji akan mulai berkecambah pada hari ke-2 dan tanaman muda akan mulai muncul dari permukaan tanah pada hari ke 7.

Di minggu ke-2 tanaman akan mulai tumbuh dengan 3-4 helai daun. Pada saat ini, anda harus melakukan penjarangan tanaman, agar tanaman dapat memiliki pertumbuhan yang optimal.

Lakukan penjarangan pada tanaman yang tumbuh terlampau rapat, berdekatan dan bertumpuk. Pindahkan pada bedengan dengan jarak yang ideal. Penjarangan ini dimaksudkan agar tidak terjadi perebutan unsur hara antar tanaman.

Penyiraman dilakukan secara rutin minimal sehari 2 kali sejak tanaman muda. Kemudian saat tanaman sudah mulai dapat tumbuh dengan baik, maka penyiraman dapat dikurangi dan disesuaikan dengan kondisi tanaman dan lahan tanam.

Untuk menunjang pertumbuhan tanaman hias, pemberian pupuk baik organik maupun kimia dapat dilakukan dengan memperhatikan jumlah pupuk yang baik untuk diberikan (sesuai dosis).

Penggunaan pupuk kimia, hendaknya tidak terlalu sering dan banyak karena dapat menimbulkan dampak negative baik bagi tanaman maupun bagi tanah

Penyemprotan pestisida perlu dilakukan 3 bulan sekali meski tanaman ini sangat jarang diserang hama dan penyakit.

Pada umur 4-5 bulan setelah tanam, bunga jengger ayam akan mulai berbunga. Bunga ini akan menghasilkan bunga sepanjang waktu sampai masa hidupnya habis. Selama durasi waktu tersebut tentu pemeliharaan dan perawatan harus terus dilakukan.

Mudah bukan bertanam bunga jengger ayam, selamat berkebun.

Menanam Bunga Zinnia dari Biji, Ini Kiat-kiatnya

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar