logo


7 Peluang Usaha Menguntungkan di Tengah Pandemi Covid-19

Berikut beberapa peluang usaha yang masih bisa 'survive' dan bahkan memiliki permintaan yang cukup tinggi ditengah situasi darurat kesehatan seperti sekarang ini

4 Mei 2020 11:10 WIB

Ilustrasi ide bisnis
Ilustrasi ide bisnis digination.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Mewabahnya virus corona Covid-19 saat ini memaksa pemerintah untuk memberlakukan sejumlah aturan pembatasan demi menekan sekaligus mencegah laju penyebaran wabah. Adanya pembatasan tersebut jelas berimbas buruk terhadap sektor ekonomi. Namun, terlepas dari segala dampak buruk yang ada, ternyata ada beberapa jenis usaha yang sangat bisa dilakukan untuk menyelamatkan ekonomi keluarga sekaligus menjaga rantai suplai atau distribusi.
Berikut 7 peluang usaha yang bisa diandalkan meski tengah berada dalam situasi darurat kesehatan akibat virus corona Covid-19 di Indonesia:

1. Katering Harian


Menyenangkan dan Mudah Dipahami, Yuk Kenalkan Covid-19 pada Anak dengan Cara Ini

Bisnis ini bisa dilakukan khususnya bagi pelaku sektor usaha kuliner yang tempat usahanya terpaksa ditutup saat ini untuk mencegah terjadinya kerumunan orang.

2. Bisnis Empon-empon

Seperti yang kita ketahui, masyarakat Indonesia jelas sangat familiar dengan rempah-rempah, termasuk empon-empon yang biasa digunakan untuk jamu atau ramuan herbal. Sebagian besar orang Indonesia meyakini jika jahe, temulawak, kunyit dan sejenisnya mampu meningkatkan imun tubuh yang tentunya sangat banyak dicari oleh banyak orang, terutama dalam situasi pandemi seperti saat ini.

3. Masker Kain

Salah satu anjuran yang disarankan oleh pakar kesehatan maupun pemerintah saat ini adalah penggunaan masker atau penutup wajah, khususnya saat seseorang berada di luar ruangan. Masih segar dalam ingatan bagaimana beberapa waktu lalu masker medis mendadak menjadi barang mewah lantaran ketersediaan jumlah pasokan sangat berbanding terbalik dengan permintaan. Meski hingga saat ini masker medis berbahan khusus merupakan barang langka, namun kita bisa menggunakan masker non-medis yang terbuat dari bahan kain untuk setidaknya melindungi diri dari resiko tertular penyakit menular tersebut. Nah, bisnis jual beli masker kain saat ini juga bisa dikatakan sangat menguntungkan untuk dilakukan.

4. Sayur Keliling atau Online

Pemerintah dan pakar kesehatan mengingatkan untuk sebisa mungkin tetap berada di rumah dan menghindari kerumunan untuk menjaga diri dari resiko tertular Covid-19. Adanya seruan tersebut jelas membuat sebagian besar masyarakat khawatir dan berpikir dua kali untuk keluar rumah untuk berbelanja kebutuhan pangan, seperti sayur, di pasar tradisional ataupun supermarker. Tentunya ini bisa menjadi peluang bisnis. Anda hanya perlu membeli sayur dari pedagang di pasar kemudian mendistribusikannya secara online maupun konvensional seperti pedagang sayur keliling biasanya.

5. Kopi

Aturan pembatasan sosial yang dikeluarkan oleh pemerintah jelas membuat sebagian pelaku bisnis kedai kopi merugi dan terpaksa menutup kedainya. Hal tersebut jelas membuat para pecinta dan pemburu kafein menjadi kerepotan. Hal ini jelas menjadi sebuah peluang tersendiri. Anda bisa mencoba untuk memulai bisnis jual beli kopi dalam bentuk bubuk ataupun yang sudah diolah dengan sistem 'cold brew' dan mengemasnya dengan botol kaca yang berdesain unik, misalnya.


6. Frozen Food atau Makanan beku

Frozen food atau makanan beku seperti nugget, stik kentang goreng, dan sebagainya belakangan menjadi salah satu kebutuhan alternatif yang harus ada saat bekerja dari rumah. Makanan ini memiliki penggemar yang sangat banyak dan bisa anda jadikan alternatif peluang bisnis di masa pandemi.

7. Madu Murni

Seperti empon-empon, madu yang juga merupakan makanan sehat menjadi incaran banyak orang. Madu diketahui memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan salah satunya menjaga daya tahan tubuh. Meskipun menjadi salah satu peluang bisnis yang menggiurkan di tengah pandemi, namun satu hal yang perlu diperhatikan, yakni anda harus dapat menemukan distributor atau penjual madu murni.

WHO: Pola Penyebaran dan Perkembangan Wabah Covid-19 di Berbagai Penjuru Dunia Tidak Sama

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia