logo


Siapkan Paket Stimulus Tambahan, Italia Siap Buka Kembali Ekonominya dengan Syarat

Italia akan melonggarkan kebijakan lockdown yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi wabah di masing-masing wilayah daerah.

30 April 2020 19:45 WIB

Pemandangan salah satu sudut kota Roma saat diberlakukan lockdown
Pemandangan salah satu sudut kota Roma saat diberlakukan lockdown youtube

ROMA, JITUNEWS.COM - Perdana Menteri Italia, Giuseppe Conte, pada Kamis (30/4) menyatakan bahwa ia akan mulai membuka kembali perekonomian Italia usai diberlakukan lockdwon akibat terjadinya wabah Covid-19. Pembukaan kembali perekonomian tersebut akan dilakukan secara bertahap dan aturan mainnya akan disesuaikan dengan kondisi di tiap-tiap kawasan.

Dalam sebuah pidato di parlemen Italia, Conte mengatakan pemerintah Italia tengah mempersiapkan paket stimulus baru untuk mendukung sektor perekonomian, dimana mereka akan menggelontorkan anggaran hingga 15 Milyar Euro atau USD 16.3 Miliar atau setara dengan Rp 240 Triliun untuk sektor industri dan perusahaan di negara tersebut, dan 25 Miliar Euro atau lebih dari Rp 400 Triliun untuk diberikan langsung kepada para pekerja dan pelaku usaha kecil.

Kebijakan lockdown yang diberlakukan sejak 9 Maret lalu tersebut nantinya akan dilonggarkan secara bertahap mulai 4 Mei mendatang dengan persetujuan dari pemerintah lokal.


PM Jepang Bakal Perpanjang Darurat Nasional Akibat Covid-19, Gubernur Tokyo Keberatan

"Kelonggaran kebijakan lockdown akan diberlakukan kepada kawasan dengan situasi dan kondisi wabah yang tidak terlalu parah," ujarnya kepada parlemen Italia.

Kendati demikian, ia meminta pemerintah daerha tidak melonggarkan kebijakan lockdown secara sepihak, tanpa adanya konsultasi terlebih dahulu.

Mulai Kehabisan Uang, Perusahaan Airbus Terancam Bangkrut

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia