logo


Penting! Ini Tips Puasa bagi Penderita Diabetes

Saat berpuasa, penderita diabetes berisiko mengalami kenaikan atau kekurangan kadar gula darah

30 April 2020 16:15 WIB

Ilustrasi diabetes.
Ilustrasi diabetes. shutterstock

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Puasa di bulan Ramadan wajib dijalankan oleh umat Islam. Bagi penderita diabetes, berpuasa bisa menimbulkan komplikasi yang berbahaya apabila tidak dilakukan dengan tepat.

Saat berpuasa, penderita diabetes berisiko mengalami kenaikan atau kekurangan kadar gula darah.

Dilansir dari alodokter, berikut tips berpuasa bagi penderita diabetes:


Suka Bicara Sendiri? Ini Dampaknya

1. Konsultasi dengan dokter

Pasien sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menjalankan puasa. Dokter akan memeriksa kondisi tubuh dan kadar gula darah dan akan diberikan saran untuk menjalankan puasa dengan baik.

2. Hindari makanan tinggi karbohidrat dan lemak

Saat buka puasa, sebaiknya hindari makanan yang mengandung karbohidrat sederhana, seperti nasi dan roti tawar. Sebab, makanan tersebut akan meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Sebaiknya, konsumsi makanan tinggi protein dan karbohidrat kompleks.

3. Kurangi aktivitas fisik

Saat berpuasa, disarankan untuk tidak melakukan aktivitas fisik secara berlebihan. Beraktivitas secara berlibahan selama puasa dapat menyebabkan hipoglikemia, yaitu kondisi ketika kadar gula dalam darah berada di bawah normal.

4. Penuhi asupan cairan

Penderita diabetes mudah mengalami dehidrasi karena kadar gula terlalu tinggi dalam darah membuat tubuh kekurangan cairan. Mencukupi asupan cairan ketika berbuka dan sahur bisa membuat tubuh terhindar dari dehidrasi selama berpuasa. Namun, hindari minuman yang terlalu manis atau kafein.

5. Waspada gejala darah rendah

Jika penderita diabetes merasakan keringat dingin, pusing, dan gemetar lebih baik segera hentikan puasa. Gejala tersebut menandakan bahwa tubuh mengalami hipohlikemia.

Untuk mengatasinya, konsumsi makanan dan minuman manis yang dapat meningkatkan kadar gula darah, seperti teh manis, jus buah, permen.

Di Tengah Isu Sakit Parahnya, Kim Jong Un Rilis Sepucuk Surat

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata
 
×
×