logo


Jokowi Bagikan Sembako Langsung ke Rumah Warga, Peneliti: Melalui Birokrasi Akan Lambat

Presiden Joko Widodo memberikan bantuan sembako secara langsung ke rumah-rumah warga di Bogor

30 April 2020 09:08 WIB

Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Senin (30/9).
Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Senin (30/9). Dok. Biro Pers Istana

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Presiden Joko Widodo memberikan bantuan sembako secara langsung ke rumah-rumah warga di Bogor, Jawa Barat, di tengah-tengah pandemi virus corona (Covid-19).

Menurut peneliti dari Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI), Ujang Komaruddin, tindakan Jokowi tersebut juga mengandung pesan. Ujang menyebut Jokowi berpesan bagi masyarakat yang mampu untuk bisa berbagi kepada sesama.  

"Intinya. Pesannya. Bagi yang mampu untuk bisa berbagi kepada sesama yang sedang membutuhkan. Langkah positif Jokowi tersebut perlu ditiru oleh anak bangsa yang lain. Agar saudara-saudara kita yang lapar bisa makan dan kenyang," kata Ujang seperti diberitakan Detikcom, Kamis (30/4).


Analogikan Jokowi dan Umar Bin Khattab, Golkar: Tipe Kepemimpinan yang Turun Langsung ke Masyarakat

Selain itu, pesan lainnya adalah jika menunggu bantuan dari pusat melalui birokrasi akan lambat padahal masyarakat sudah kesusahan.

"Pesan lainnya juga. Jika menunggu bantuan dari pusat yang melalui birokrasi akan lambat. Sedangkan masyarakat sudah banyak yang lapar. Jadi langsung turun langsung ke rumah-rumah warga. Ini juga mengingatkan kepada birokrasi pemerintah untuk bekerja dengan cepat untuk menyalurkan Bansos. Jangan sampai masyarakat kelaparan duluan. Sedangkan Bansosnya belum sampai," ucap Ujang.

Dituding Lempar Bantuan Sembako, Ashanty Jawab Santuy

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata