logo


Tip Menanam Kesumba Keling, Tanaman Hias dengan Segudang Manfaat

Kesumba keling memiliki banyak kegunaan. Selain bijinya yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan perwarna, kulit kayunya justru bisa digunakan sebagai tali.

29 April 2020 16:09 WIB

Kesumba Keling (Bixa orellana)
Kesumba Keling (Bixa orellana) Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Kesumba keling (Bixa Orellana) adalah tanaman perdu tegak atau pohon kecil dengan tinggi 2-8 m dari atas permukaan tanah.

Tumbuhan ini berasal dari Amerika tropis. Di Indonesia sendiri tanaman ini terdapat di Jawa, Madura, Sulawesi Selatan dan Ambon.

Kesumba keling memiliki banyak kegunaan. Selain bijinya yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan perwarna, kulit kayunya justru bisa digunakan sebagai tali.


Kembang Sepatu Sungsang, Bunga Elok Kaya Khasiat

Sementara, daun dan batangnya digunakan sebagai obat demam, diare, kurang nafsu makan, masuk angin, dan perut kembung. Ada juga bagian pohon ini yang dapat dimanfaatkan untuk bumbu masakan.

Tanaman kesumba termasuk tanaman liar, tetapi saat ini sudah banyak yang menjadikan tanaman ini sebagai tanaman hias di pekarangan, pagar/ pembatas kebun, maupun ditanam di pinggir jalan.

Perbanyakan famili Bixaceae ini dapat dilakukan dengan biji dan cangkok. Perawatan kesumba keling terbilang cukup mudah. Tanamlah kesumba keling menggunakan campuran tanah dan pupuk kandang. Kesumba keling cukup disiram dengan air dan dijaga kelembapan tanahnya.

Tanaman kesumba keling harus dilakukan pemupukan, setidaknya sebulan sekali dengan menggunakan pupuk organik.

Pemangkasan juga perlu dilakukan agar tanaman tumbuh dengan baik dan subur.

Ini Lho Khasiat Wijaya Kusuma

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar
 
×
×