logo


7 Peluang Usaha Kekinian Paling Dicari dan Menguntungkan

Peluang usaha mudah modal sedikit untungnya banyak

29 April 2020 14:54 WIB

Food Truck
Food Truck istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Peluang usaha atau bisnis sebenernya sangat berlimpah jumlahnya, tergantung sejeli apa pengamatan kita. Berikut 10 peluang usaha yang menjanjikan di tahun 2020 ini.

1. Makanan Kaki Lima

Bisnis ini cukup sederhana, dimana seseorang hanya menjual makanan atau minuman di tempat-tempat keramaian. Di luar negeri, usaha jenis ini sangat populer dimana pelaku bisnis memanfaatkan mobilnya untuk kemudian dimodifikasi sedemikian rupa menjadi 'gerai' bisnis. Tentunya, hal ini juga mulai menjadi sebuah tren di Indonesia, terlebih konsep makanan dan minuman yang disajikan sangat mengutamakan sajian yang sederhana, simpel, dan praktis.


Pahami Ini Sebelum Jualan Online

2. Budidaya Kayu Sengon

Kayu sengon merupakan salah satu jenis kayu yang memiliki permintaan pasar yang cukup tinggi, sebagai bahan baku bangunan maupun furniture. Permintaan ekspornya juga terbilang tinggi. Namun, satu hal yang harus dipahami terlebih dahulu, bisnis budidaya kayu jenis ini merupakan bisnis jangka menengah-panjang, yang artinya anda harus menunggu 3-5 tahun untuk bisa mendapatkan keuntungan.

3. Agribisnis

Usaha jenis ini bisa dibilang tidak akan pernah habis ataupun surut, dimana penjualannya juga cenderung stabil dan tidak menurun. Bisnis ini menyediakan salah satu kebutuhan pokok manusia, yakni makanan. Cobalah sekali waktu anda pergi ke pasar tradisional, setiap hari orang-orang pergi kesana untuk mendapatkan sayur, daging, buah, dan lain untuk menopang kebutuhan pangan mereka.

4. Toko Online

Toko Online yang dimaksud kali in ialah toko online afiliasi. Toko ini hanya memberikan review, rekomendasi dan analisis tentang sebuah produk kepada calon pembeli. Produk yang direview tersebut berasal dari mitra afiliasi atau yang biasa dikenal dengan sebutan merchant. Begitu seseorang membeli produk yang ditampilkan pada toko afiliasi anda, maka merchant akan memberikan komisi sebesar 4 - 10% per transaksi.

5. Bisnis Online

Jika bisnis dagang konfensional membutuhkan sebuah tempat sebagai gerai, maka untuk bisnis online ini anda hanya perlu memiliki sebuah website untuk dijadikan sebagai gerai virtual yang tentunya lebih hemat harga sewa sekaligus dapat menarik keuntungan tambahan dari Google Adsense. Sejumlah bisnis online skala UKM di Indonesia yang ada saat ini juga diketahui memiliki omset yang luar biasa.

6. Blogging/Penulis Online

Bagi anda yang hobi menulis, bisnis jenis ini bisa dicoba. Anda hanya perlu membuat sebuah blog, atau situs website dengan tema tertentu dan anda mengisinya dengan artikel, konten video, atau gambar yang berkualitas. Anda juga diharuskan untuk setidaknya posting 1 konten tiap hari. Jika nantinya pengunjung blog anda sudah mencapai setidaknya 150 orang per hari, anda bisa mendaftarkan situs anda tersebut pada program Google Adsense. Dalam program tersebut, keuntungan anda hadir dari banyaknya klik pada iklan yang muncul pada situs anda. Semakin banyak jumlah pengunjung yang meng-klik iklan yang ada, semakin besar pula keuntungan yang anda dapat.

7. Franchise atau Waralaba

Franchise atau waralaba adalah sebuah bisnis yang mengkomersilkan merk dagang yang sudah ada dan kuat, dimana investor hanya bertugas untuk meneruskan kesuksesan yang telah dirintis pendirinya. Semua hal yang berhubungan dengan produk merupakan tanggungjawab pihak pertama (pendiri), sedangkan pemasaran atau penjualan menjadi tanggungjawab investor.

Intinya, investor hanya perlu menyediakan dana dan tekat kuat. Pengetahuan, Pengalaman dan Pengertian Bisnis akan diberikan oleh pendiri bisnis melalui pelatihan hingga investor tersebut mampu berdiri sendiri. Keuntungan dari bisnis semacam ini tentunya juga harus dibagi menjadi 2 dimana pihak pendiri tetap mendapatkan royalti dari keuntungan yang didapat dari hasil penjualan, sesuai dengan perjanjian tentunya.

Bagaimana Kawan Jitu? Sudah menemukan inspirasi peluang untuk bisnis barumu?

Peluang Usaha 2020 yang Menjanjikan di Indonesia Jaminan Berhasil di Masa Corona

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia