logo


Waspada! Tidur Setelah Sahur Berbahaya Bagi Kesehatan, Serangan Jantung Hingga...

Usahakan melakukan aktivitas minimal 3 jam setelah makan sahur

29 April 2020 03:00 WIB

Sisa makanan di piring bisa menambah jejak karbon
Sisa makanan di piring bisa menambah jejak karbon

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Selama bulan Ramadan, sebagian besar orang mengalami perubahan siklus tidur. Mereka bangun tidur lebih awal kemudian melakukan santap sahur. Namun tak jarang dari mereka yang justru tidur kembali setelah makan sahur. Padahal beranjak tidur setelah makan sahur akan mengganggu kesehatan tubuh. Usahakan melakukan aktivitas setidaknya 3 jam setelah makan sahur agat proses pencernaan tidak terganggu.

Dilansir dari LiveScince, ada beberapa dampak buruk yang ditimbulkan apabila kita langsung tidur atau rebahan setelah makan sahur. Berikut dampaknya:

1. Refluks


Suka Bicara Sendiri? Ini Dampaknya

Tidur setelah makan sahur akan menyebabkab refluks asam atau istilah medisnya Gastro-esophageal Reflux Disease (GERD). Katup antara lambung dan kerongkongan tidak menutup sepenuhnya sehingga makanan yang belum sepenuhnya dicerna di lambung akan mudah naik ke krongkongan. GERD terjadi saat kita dalam posisi telentang. Apabila tidur setelah makan sahur dilakukan terus menerus, maka lama kelamaan akan memicu penyakit asam lambung.

2. Menurunkan kualitas tidur

Mengonsumsi makanan berlemak saat sahur akan menggganggu kualitas tidur. Kita akan merasa sangat ngantuk dan apabila dipaksakan tidur maka kita akan menjadi gelisah. Pasalnya makanan berlemak membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna. Oleh karena itu biarkan makanan selesai dicerna sehingga tidur kita bisa nyenyak.

3. Menaikan berat badan

Banyak orang yang justru bertambah berat badannya saat berpuasa. Hal tersebut lantaran banyak orang yang langsung tidur setelah makan sahur. Kurangnya aktivitas akan membuat penimbunan lemak dalam tubuh. Selain itu, tidur setelah makan sahur akan menimbulkan efek peningkatan hormon grehlin, yaitu munculnya rasa lapar ketika bangun tidur.

4. Sembelit

Ketika kita langsung tidur setelah makan sahur, maka proses pengosongan lambung menjadi terhambat. Jika hal tersebut dilakukan secara terus menerus akan menyebabkan sembelit atau kesulitan buang air besar. Oleh karena itu hindari makanan tinggi lemak saat makan sahur dan perbanyak makan buah dan sayur.

5. Serangan jantung

Berdasarkan penelitian, orang yang langsung tidur setelah makan berat akan mengalami peningkatan tekanan darah. Apabila tekanan darah tidak kunjung turun dan kebiasaan tidur setalah makan berlangsung dalam waktu lama maka akan berpotensi terserang penyakit kardiovaskuler seperti penyakit serangan jantung.

Itulah dampak yang ditimbulkan apabila kita terbiasa tidur setelah makan sahur. Lakukanlah aktivitas setelah makan sahur seperti ibadah salat atau mengaji. Biarkan sistem pencernaan bekerja secara optimal setelah makan sahur.

Ramadan di Turki, Cinta Penelope Puasa Hampir 16 Jam

Halaman: 
 
×
×