logo


Peluang Usaha 2020 yang Menjanjikan di Indonesia Jaminan Berhasil di Masa Corona

Ada beberapa peluang bisnis yang cukup menjanjikan di tahun 2020 hingga peluang usaha saat corona

28 April 2020 10:39 WIB

Penjual gula pasir.
Penjual gula pasir. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Tidak sedikit orang yang ingin menambah penghasilan dengan cara membuka usaha. Bahkan, ada juga yang memilih resign dari kantor dan membuka usaha.

Semua orang pasti ingin memiliki usaha yang menjanjikan tanpa takut rugi. Berikut ini ada beberapa peluang usaha sangat menjanjikan di tahun 2020.

Usaha Kuliner


Menyelamatkan Ekonomi Indonesia di Tengah Wabah Corona

Banyak masyarakat Indonesia yang memilih membuka usaha di bidang kuliner karena dinilai tidak sulit dan memiliki keuntungan yang besar. Jika ingin berbisnis kuliner, Kawan Jitu bisa membuka cafe, warung tenda, atau bahkan rumah makan yang besar.

Berikut ini daftar bisnis kuliner yang patut dicoba:

1. Catering

Usaha catering menjadi salah satu peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Kawan Jitu bisa menerima pesanan dalam partai kecil dulu jika belum memiliki modal yang besar.

Kawan Jitu bisa menggunakan sosial media untuk promosi catering kamu.

2. Pembuatan makanan ringan

Membuat makanan ringan atau snack bisa menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Usaha ini dinilai cukup menguntungkan.

Kawan Jitu bisa membuat snack seperti keripik atau berbagai kue kering dengan modal yang tidak besar.

Kawan Jitu bisa memasarkan produk makanan ringan di toko atau lewat media sosial.

3. Jual gorengan

Salah satu peluang bisnis di bidang kuliner lainnya yakni menjual gorengan. Menjual gorengan dinilai menjanjikan dan memiliki pasar yang luas.

Kawan Jitu bisa berjualan di pinggi jalan, lokasi ramai atau depan minimarket.

Usaha Rumahan

1. Warung kelontong

Kawan Jitu bisa memulai usaha warung kelontong dengan menjajakan berbagai kebutuhan sembako. Peluang bisnis ini dinilai menguntungkan, karena kebutuhan pokok dibutuhkan masyarakat setiap hari.

Sebelum memulai usaha, lebih baik cari tahu dulu apa yang dibutuhkan oleh konsumen.

2. Angkringan

Kawan Jitu juga bisa membuka usaha angkringan atau warung kopi. Peluang usaha warung kopi memiliki pangsa pasar yang cukup bagus di kalangan anak muda. Kamu bisa menawarkan harga yang terjangkau dengan fasilitas wifi untuk menarik konsumen.

3. Bisnis Pom Mini (Pertamini)

Usaha Pom Mini bisa dibuat di depan rumah pinggir jalan. Kawan Jitu hanya perlu membeli mesin pompanya dengan harga terjangkau. Mesin pom mini dijual oleh penyuplai dengan kisaran harga 10 sampai 20 juta rupiah. Biasanya mereka menjelaskan cara mendapatkan untung melalui peluang usaha pom mini ini. Bisnis ini dinilai cukup menjanjikan dikarenakan semua rumah pasti mempunyai kendaraan pribadi. Hitungan keuntungan kira-kira Rp1.000 perliter, bisa dibanyangkan dengan modal 15-an juta rupiah, kita denan mudah mencapai ROI dalam hitungan beberapa bulan.

4. Jual pulsa, kuota dan PPOB

Kawan Jitu bisa membuka konter penjualan pulsa, kuota, dan PPOB. Kamu juga tidak membutuhkan modal yang besar untuk membuka bisnis ini. Untuk memulai bisnis ini mudah, kamu cukup mendaftar menjadi agen pulsa. Para pelaku peluang usaha 2020 dengan jenis konter pulsa ini biasanya mendapatkan untung 10% sampai 20% dari harga jual. Tak jarang orang-orang berlomba membuka bisnis konter pulsa. Ada satu hal yang menjadikan peluang usaha 2020 bisnis pulsa bisa menggiurkan, yakni bonus yang didapatkan.

Tak banyak orang yang mengetahuinya, jika pedagang pulsa bisa mendapatkan hadiah mobil, motor dan benda lainnya jika memenuhi target penjualan dari pihak provider.

Bidang Jasa

1. Sewa kamera

Kawan Jitu bisa membuka usaha di bidang penjualan jasa. Seperti jasa penyewaan kamera dan drone.

2. Laundry

Jasa laundy juga merupakan bisnis yang cukup menjanjikan. Masyarakat sering menggunakan jasa ini untuk mencuci pakaiannya. Untuk membuka usaha laundry, kamu cukup membeli mesin cuci dan menyiapkan area yang luas untuk mengeringkan pakaian.

3. Travel dan rental mobil

Kawan Jitu yang memiliki mobil bisa membuka usaha ini. Apalagi saat ini banyak masyarakat yang hobi traveling, sehingga bisnis ini cukup menjanjikan.

4. Percetakan

Usaha percetakan menjadi salah satu usaha yang cukup menjanjikan. Saat ini masyarakat membutuhkan jasa percetakan seperti banner, spanduk, undangan, kalender, dan lainnya.

Selain itu, Kawan Jitu juga bisa melengkapinya dengan jasa pengetikan, gambar desain, fotokopi, scan, dan lainnya.

5. Salon kecantikan

Salon kecantikan banyak dilirik oleh para perempuan. Sehingga peluang usaha ini cukup menjanjikan, apalagi bagi Kawan Jitu yang memiliki keahlian di bidang kecantikan.

Bisnis Peternakan

1. Ternak unggas

Bagi pemula yang ingin memulai usaha ternak unggas, kamu tidak membutuhkan usaha yang cukup banyak. Pasar usaha ternak unggas juga sangat banyak.

Kawan Jitu bisa memilih beternak unggas jenis apa saja, seperti ayam pedaging, ayam kampung, bebek, dan ayam petelur.

2. Ternak ikan

Ternak ikan juga memiliki beberapa pilihan, yaitu ternak ikan konsumsi dan ikan hias.

Ternak ikan konsumsi, kamu bisa mencoba membudidayakan gurame, mujaer, bandeng, nila, lele, dan lainnya. Sedangkan ternak ikan hias, yaitu ikan koi atau ikan mas.

Kawan Jitu yang ingin membuka usaha ini cukup menyediakan lahan kolam dengan air mengalir.

3. Ternak burung

Saat ini penghobi buruk terus meningkat. Sehingga bisnis ini dinilai cukup menjanjikan.

Para penghobi burung sering mengikuti lomba kicau burung yang hadiahnya bisa mencapai ratusan juta.

Para penghobi burung kicau biasanya mencari anakan burung Murai, Lovebird, Kenari, dan lainnya.

Bidang Pertanian

Usaha di bidang pertanian dan agrobisnis juga tak kalah penting. Bertani sayuran dinilai cukup menjanjikan karena tidak harus memiliki modal yang besar.

1. Sayuran organik

Harga sayuran organik lebih mahal dibanding sayuran biasa karena dinilai lebih sehat. Sayuran organik tidak memakai campuran pestisida layaknya kebanyakan sayuran.

Kawan Jitu bisa memanfaatkan lahan pekarangan atau perkebunan untuk dijadikan lokasi tanam sayuran organik.

2. Jamur tiram

Budidaya jamur tiram juga dinilai sebagai bisnis yang menjanjikan. Jamur jenis ini banyak dikonsumsi masyarakat.

Budidaya jamur tiram dinilai cukup mudah, kamu hanya perlu menyediakan lahan dan ruangan. Budidaya jamur tiram bisa menghasilkan panen berkali-kali.

Peluang Usaha Saat Corona

1. Peluang usaha makanan beku

Semua orang butuh makan, bahkan pada saat pandemi corona seperti ini masyarakat berbondong bondong menyetok makanan. Beberapa menyetok makanan fresh ada pula yang menyetok makanan kalengan. Nah, saat ini peluang usaha makanan frozen atau makanan beku terbuka lebar. Jika dibanding makanan kaleng, makanan beku lebih tergaja gizinya dan jika dibanding makanan segar, makanan beku atau frozen food lebih bisa tahan lama. Makanan beku ini bisa seperti ayam siap goreng, kebab frozen, kroket siap goreng dan banyak lagi.

2. Peluang usaha warung kelontong saat corona

Jenis usaha rumahan ini tidak akan padam saat musim virus serperti ini. Masyakarat sekitar akan tetep membutuhkan sembako, gas melon, dan makanan kecil lain. Tantangannya adalah menjaga kebersihan saat bertransaksi.

3. Peluang usaha APD dari virus corona

Sudah mulai banyak usaha konveksi rumahan yang banting setir dari produsen pakaian sehari-hari menjadi produsen pakaian medis. Bagaimana tidak, sekarang kebutuhan APD semakin naik ditengah pasien juga semakin naik. Alat Pelindung Diri yang sekarang ada, hanya mampu mencukupi 20 hingga 30 persen permintaan pasar. Bagaimana? tertarik dengan usaha pembuatan APD?

4. Peluang usaha jasa titip/jastip

Ajuran pemerintah untuk tetap dirumah mengakibatkan lonjakan permintaan melalui online. Selain Gojek dan Grab belum ada yang menyaingi. Padahal peluang ini terbuka, karena juga banyak driver ojol yang memilih offline. Kita bisa memulai jastip dari lingkungan rumah untuk kebutuhan pokok.

5. Peluang usaha petani dan budidaya

Peluang usaha 2020 sukses lewati corona akan ada pada pelaku usaha bahan pangan. Untuk kawan jitu yang mempunyai lahan kosong, bisa melirik peluang usaha ini. Jikapun tidak berhasil, pelaku usaha bisa mengkonsumsi sendiri hasil tani dan budidaya.

Budidaya sayur hidroponik contohnya, hanya modal sedikit tapi menjanjikan. Dalam usaha lain bisa melirik lele dengan sistem bioflok. Sistem ini sangat menjanjikan dan bisa diterapkan pada lahan terbatas di rumah.

Nah, usaha bisnis mana yang membuat Kawan Jitu tertarik?

Gara-gara Corona, 7 Artis Ini Ngaku Pusing Bayar Gaji Karyawan

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata