logo


Jadi Korban PHK, Jangan Takut Banting Setir Jadi Pengusaha

Sekarang mungkin yang sudah benar-benar tidak bekerja, bisa jadi pengusaha online dari rumah

27 April 2020 20:42 WIB

Ilustrasi PHK
Ilustrasi PHK Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua Asosiasi Digital Marketing Indonesia, Dian Martin menilai, mengubah pola bisnis adalah langkah tepat di tengah pandemi virus corona (Covid-19)

“Saat ini, zamannya banting setir. Kita harus banting setir gaya kerja, kita harus banting setir gaya bisnis,” ujarnya dalam diskusi ISED Series #5 bertajuk 'Kreatif Memulai Bisnis Online di Masa Covid-19’ di Jakarta, Senin (27/4).

Menurutnya banting setir menjadi pengusaha adalah pilihan tepat di tengah pandemi corona yang saat ini sedang terjadi.


Berhasil Tangani Wabah Covid-19, Selandia Baru Segera Buka Perekonomian

“Sekarang mungkin yang sudah benar-benar tidak bekerja, bisa jadi pengusaha online dari rumah,” tuturnya.

Dia mengatakan, untuk menjadi pengusaha dari rumah maka hal yang harus diperhatikan adalah menentukan produk-produk yang akan dipasarkan di tengah pandemi seperti saat ini.

Saat ini ada beberapa sektor bisnis yang naik daun ketika adanya social distancing seperti content creator, makanan, produk kesehatan, dan fashion.

Dian menyebut, bidang fashion dan makanan adalah usaha yang paling trend di tengah pandemi. Hal itu terlihat dari banyaknya orang-orang yang memproduksi masker.

Namun Dian menyarankan kepada pengusaha yang sudah memproduksi masker untuk membuat brand sendiri. Pasalnya, imbuh Dian, pemakaian masker akan tetap ramai meski pandemi sudah berakhir.

“Teman-teman yang menjalankan usaha di bidang fashion, silakan untuk memberikan brand pada maskernya karena riset Harvard mengatakan bahwa penggunaan masker bisa jadi kebiasaan yang kita alami saat ini. Dan itu akan berlanjut sampai tahun 2022,” pungkasnya.

Simak! Tips Bisnis Online Bagi Para Pemula

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Vicky Anggriawan