logo


Berhasil Tangani Wabah Covid-19, Selandia Baru Segera Buka Perekonomian

"Kita akan membuka kembali perekonomian, namun kita belum membuka kembali kehidupan sosial bermasyarakat," ujar PM Jacinda Ardern

27 April 2020 22:00 WIB

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern
Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern kompasiana

AUCKLAND, JITUNEWS.COM - Dengan laju penyebaran Covid-19 yang menurun drastis beberapa hari belakangan ini, Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern mengatakan bahwa virus Corona Covid-19 "sementara" ini berhasil dimusnahkan.

Kendati demikian, pemerintah terus memperingatkan warganya untuk tetap waspada. Penurunan drastis tersebut tidak berarti wabah Covid-19 secara total berakhir. Sejumlah kasus kembali muncul tak lama sebelum Selandia Baru memutuskan untuk melonggarkan sejumlah pembatasan sosial.

"Kita akan membuka kembali perekonomian, namun kita belum membuka kembali kehidupan sosial bermasyarakat," ujar Ardern dalam rapat harian dikutip dari BBC News pada Senin (27/4).


Gubernur Maryland Kritik Trump Terkait Penggunaan Disinfektan sebagai Obat Covid-19

Jumlah kasus Covid-19 yang dilaporkan oleh Selandia Baru sejauh ini masih belum mencapai 1500 kasus dengan 19 total kematian.

Direktur Jenderal Kesehatan Selandia Baru, Ashley Bloomfield mengatakan bahwa jumlah kasus yang rendah belakangan ini membuat Selandia Baru semakin optimis bahwa mereka telah berhasil memusnahkan virus tersebut. Namun, ia menegaskan bahwa pemusnahan tersebut bukan berarti tidak akan ada lagi kasus baru, melainkan mereka bisa mengetahui darimana penularan infeksi Covid-19 tersebut berasal.

"Tidak ada penyebaran (Covid-19) yang tidak terdeteksi di Selandia Baru," ujar Ardern.

"Namun kita harus tetap waspada jika ingin menyingkirkannya," imbuhnya.

Diketahui, Selandia Baru memutuskan untuk menutup perbatasan negara saat jumlah kasus masih sebatas belasan.

Selain itu, mereka juga melakukan karantina bagi semua yang datang ke wilayah negaranya, memberlakukan kebijakan lockdown yang ketat, serta menutup semua tempat yang dapat digunakan untuk tempat berkumpulnya orang seperti sekolah, tempat wisata, tempat hiburan, perkantoran, dan lainnya.

Disamping itu, pemerintah Selandia Baru juga terus menyebarkan pesan secara luas terkait wabah kepada seluruh warga dengan sangat jelas.

Bangladesh Tak Lagi Tolong Pengungsi Rohingya

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia