logo


Puasa, Kok Berat Badan Malah Naik? Begini Penjelasan Ahli Gizi

Asupan karbohidrat yang berlebihan akan membuat berat badan menjadi naik

27 April 2020 05:15 WIB

Ilustrasi olahraga saat puasa
Ilustrasi olahraga saat puasa brighterlife.co.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Pada umumnya orang yang menjani puasa akan mengalami penurunan berat badan. Pasalnya asupan makanan yang kita konsumsi lebih sedikit ketimbang saat tidak puasa. Namun tak jarang, orang yang berpuasa justru bertambah berat badannya.

Kebanyakan dari kita saat makan sahur dan buka, terlalu memilih makanan yang banyak mengandung lemak tinggi seperti gorengan dan makanan yang bersantan. Selain itu terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung karobohidrat tinggi. Hal itu lah yang menyebabkan berat badan kita naik meskipun sedang berpuasa. Apalagi ditambah dengan jarang berolahraga saat berpuasa.

"Asupan karbohidrat sederhana yang berlebihan ditambah dengan asupan lemak yang berlebihan, akan menyebabkan total asupan menjadi berlebihan. Hal ini akan menyebabkan berat badan naik," kata Dokter gizi dr Cindiawaty Pudjiadi, MARS, MS, SpGK seperti dilansir detikcom, Sabtu (25/4/2020).


Sikat Gigi Bisa Membatalkan Puasa? UAS Berikan Penjelasan

dr Cindi pun memberikan tips agar berat badan tidak melar atau bertambah saat puasa. Berikut tipsnya:

1. Perhatikan asupa makan saat sahur dan buka

Saat buka dan sahur pilihlah makanan yang memiliki gizi seimbang. Tidak perlu makan yang berlebihan. Selain itu hindari makanan dan minuman yang mengandung lemak tinggi.

"Banyaknya kebutuhan masing-masing orang memang perlu berkonsultasi khusus dengan dokter spesialis gizi klinik yang ada di sekitar tempat tinggal kamu," kata dr Cindi.

2. Minum 8 gelas sehari

Meski sedang berpuasa, cairan dalam tubuh kita harus terpenuhi. Kita bisa meminum 8 gelas air putih sehari. Kita bisa menyiasatinya dengan minum dua gelas saat sahur, dua gelas saat berbuka, dua gelas setelah berbuka, dan dua gelas sebelum tidur.

3. Rajin olahraga

Puasa bukan berati kita tidak bisa berolahraga. Lakukan olahraga ringan selama 30 menit. Kita bisa melakukan tiga sampai lima kali dalam seminggu. Usahakan konsisten berolahraga ya agar berat badan tidak naik selama puasa.

Olahraga yang Cocok Dilakukan Setelah Sahur

Halaman: