logo


Jangan Asal Makan, Sahur dengan Menu Ini Justru Bikin Puasa Jadi Lemas

Tips makan sahur

27 April 2020 02:26 WIB

Ilustrasi.
Ilustrasi. Shutterstock

3. Makanan berlemak

Makanan yang mengandung banyak lemak seperti gorengan perlu dihindari saat makan sahur. Kebanyakan makanan berlemak justru akan membuat masalah pada lambung sehingga perut menjadi begah. Bagi yang memiliki penyakit maag juga tidak disarankan sahur dengan makanan yang berlemak.

"Maag atau GERD secara umum harus menghindari makanan yang ketika dia makan kan tinggal lama di lambung dan bikin begah, contohnya makanan yang tinggi lemak. Jadi usahakan makan makanan yang tidak tinggi lemak," kata dokter spesialis gizi klinis dari RS Pondok Indah dr Juwalita Surapsari, Mgizi, SpGK.


Sikat Gigi Bisa Membatalkan Puasa? UAS Berikan Penjelasan

4. Makanan pedas

Makanan yang pedas akan membuat produksi asam lambung meningkat. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang pedas juga akan membuat perut mules. Oleh karenanya tidak disarankan sahur dengan makanan yang pedas. Saat kita mules sampai bahkan diare, maka kita kan kehilangan banyak cairan sehingga tubuh menjadi lemas.

5. Tinggi kandungan garam

Makanan dengan kandungan garam yang tinggi akan membuat kita cepat merasa haus. Hal tersebut karena makanan dengan kandungan garam yang tinggi dapat mengganggu kemampuan tubuh dalam menyerap cairan. Oleh karena itu sebaiknya kita sahur dengan makanan yang rendah kandungan garam, sehingga kita tidak mudah dehidrasi saat puasa.

 

Olahraga yang Cocok Dilakukan Setelah Sahur

Halaman: 
 
×
×