logo


Jangan Asal Makan, Sahur dengan Menu Ini Justru Bikin Puasa Jadi Lemas

Tips makan sahur

27 April 2020 02:26 WIB

Ilustrasi.
Ilustrasi. Shutterstock

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Sebelum menjalankan ibadah puasa, umat muslim dianjurkan untuk makan sahur terlebih dahulu. Makan sahur bisa menambah energi saat kita puasa. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat sahur, terutama menu makan sahur. Hindari jenis makanan ini agar kita tidak mudah lemas dan lapar saat menjalani ibadah puasa. Apa saja jenis makanan tersebut? Yuk kita simak.

1. Makanan manis

Berbeda dengan waktu buka yang dianjurkan mengkonsumsi makanan manis. Saat sahur kita tidak dianjurkan mengkonsumsi makanan yang manis. Pasalnya makanan yang manis dapat menyebabkan kadar gula dalam darah meningkat. Ketika kadar gula meningkat, maka hormon insulin akan dilepas oleh pankreas sehingga glukosa menjadi turun. Saat glukosa turun di bawah normal maka kita akan mudah cepat lapar sehingga badan kita bisa menjadi lemas.


Sikat Gigi Bisa Membatalkan Puasa? UAS Berikan Penjelasan

2. Roti

Roti merupakan jenis makanan karbohidrat sama seperti nasi. Namun roti memiliki proses pengolahan yang banyak ketimbang nasi. Oleh karena itu kandungan karbohidrat pada roti lebih sedikit, sehingga energi yang dihasilkan juga sedikit. Itulah alasan apabila sahur dengan roti maka kita akan lebih cepat lapar.

Olahraga yang Cocok Dilakukan Setelah Sahur

Halaman: