logo


Dikabarkan Meninggal Dunia, Ini Sederet Fakta Unik Mengenai Kim Jong Un

Kematian Kim Jong Un belum dikonfirmasi oleh Korea Utara

26 April 2020 13:30 WIB

Kim Jong-un
Kim Jong-un nikkei

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dikabarkan telah meninggal dunia. Kabar ini menyeruak dari jaringan televisi Hong Kong.

Namun, sebuah majalah di Jepang melaporkan jika diktator Korut yang dijuluki 'Pria Roket' itu masih dalam kondisi vegetatif usai menjalani operasi jantung pada awal bulan ini.

Kondisi vegetatif ini berkaitan dengan keadaan disfungsi otak kronis saat seseorang tidak menunjukkan tanda kesadaran.


Dikabarkan Sakit Keras, Kim Jong Un Pernah Ketahuan Bawa Toilet Pribadi di KTT

Seorang Wakil Direktur HKSTV Hong Kong Satellite Television, jaringan televisi yang didukung pemerintah Beijing di Hong Kong, menyebutkan bahwa Kim sudah meninggal dunia. Kabar ini mengutip dari "sumber yang sangat terpercaya", seperti dikutip New York Post, Minggu (26/4/2020).

Namun hingga saat ini, belum ada konfirmasi resmi dari pihak Korea Utara.

Terlepas dari belum jelasnya kematian Kim Jong Un, tidak banyak yang tahu detail mengenai pemimpin bertubuh tambun dan berpotongan rambut unik tersebut. Dilansir dari berbagai sumber, berikut sederet fakta tentang Kim Jong Un.

Tanggal kelahiran masih misteri

Kelahiran Kim Jong Un masih menjadi sebuah rahassia. Banyak informasi yang sumir terkait kelahirannya, yakni 8 Januari atau 6 Juli 1982, atau 1983. Saat ini, usianya diperkirakan masih di bawah 40 tahun, dan merupakan pemimpin negara termuda di dunia.

Mengenai kerahasiaan, berbagai sumber menilai agar Kim tidak dianggap anak kecil. Hal ini terkait penampilannya, berbau safari, berambut klimis, dan gaya penuh wibawa.

Sekolah di Swiss

Kim Jong-un menempuh sekolah berkualitas di kota Bern, Swiss, pada 1998 hingga 2000. Demi menjaga privasi dan keamanan, saat itu dia menggunakan nama samaran. Dalam wawancara dengan Daily Beast tahun lalu, kawan-kawannya menyebut Kim sebagai pribadi yang lucu dan penyuka olah raga.

Menurut mereka, Kim tak pandai dalam pelajaran, namun piawai bermain basket. Di sekolah internasional itu, dia belajar bahasa Jerman dan Prancis.

Pecinta Basket

Kim Jong Un adalah penggemar olah raga basket sejak usia muda. Menurut kawan-kawan satu sekolahnya di Swiss, tim favorit Kim adalah Chicago Bulls.

Ketika menjadi pemimpin Korut, Kim beberapa kali mengundang bekas atlet Chicago Bulls, Dennis Rodman, ke Pyongyang. Sejak itu, persahabatan Kim dan Rodman sangat erat.

Gelarnya panjang

Kim punya banyak gelar jabatan yang disematkan di namanya. Dikutip Reuters pada 2016 lalu, gelar lengkap Kim Jong-un adalah:

"Kamerad Tercinta Terhormat Kim Jong-un, Ketua Partai Pekerja Korea, Ketua Komisi Urusan Negara di Republik Rakyat Demokratik Korea dan Komandan Tertinggi Tentara Rakyat Korea."

Sejumlah predikat itu belum ditambah beberapa julukan, seperti "Kamerad brilian", "Jenius di antara yang jenius", atau "Sang Awal Baru".

Potongan rambut terlarang

Hal yang menonjol dari sosok Kim adalah rambutnya yang unik. Pinggir kanan-kiri hingga belakangnya dipapas habis, sementara bagian atasnya klimis, diduga pakai pomade sehingga terlihat mengkilat.

Gaya rambut ini, sekali lagi, mencontoh kakeknya Kim Jong-il. Namun rambut ini terlarang untuk dicontoh oleh rakyat Korea Utara.

Dilansir dari Yahoo News, Korut hanya memperbolehkan 28 gaya potongan rambut untuk lelaki dan wanita. Semuanya tidak ada yang mirip gaya Kim Jong-un.

Kim Jong-un Dikabarkan Sakit Parah, Donald Trump Bantah: Itu Laporan Palsu

Halaman: 
Penulis : Iskandar