•  

logo


Mahfud: Tarawih Itu Sifatnya Sunah, Sedangkan Menghindari Penyakit Itu Sifatnya Wajib

Masyarakat diminta untuk menghentikan kegiatan keagamaan yang menyebabkan kerumunan.

26 April 2020 06:15 WIB

Mahfud MD
Mahfud MD Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD, mengatakan bahwa kegiatan salat tarawih selama bulan Ramadan bersifat sunah.

Sedangkan menghindari penyakit, Mahfud menyebut hal itu wajib dilakukan. Apalagi saat ini tengah menghadapi pandemi virus corona (Covid-19). Maka dari itu, masyarakat diminta untuk menghentikan kegiatan keagamaan yang menyebabkan kerumunan.

"Kami mohon pengertian kepada tokoh-tokoh agama kepada lurah, camat supaya diberi pengertian agar taraweh bersama ditiadakan dulu. Karena tarawih itu sifatnya sunah, sedangkan menghindari penyakit itu sifatnya wajib," kata Mahfud saat melakukan siaran live di Gedung BNPB, Jakarta, Sabtu (25/4).


AS Sebut Serangan Hacker China Bertujuan Curi Data Penelitian Covid-19

Mahfud menyebut hukumnya haram jika masih ada yang melawan penyakit dengan tidak menuruti perintah pemerintah terkait social distancing.

"Haram kalau kita lawan penyakit. Yang sudah jelas cara bekerjanya penyakit seperti itu kok masih didatangi hanya karena keperluan yang sunnah," kata Mahfud.

Menurutnya, saat ini lebih baik menghindari hal-hal yang haram.

"Jadi yang wajib itu yang haram harus dihindari lebih dulu. Hindari yang haram, hindari yang membahayakan itu, daripada engkau ingin memperoleh pahala yang sifatnya sunnah. Padahal itu bisa dilakukan dengan cara lain," kata Mahfud.

Mahfud Sebut Larangan Mudik Berlaku di Seluruh Indonesia, Tak Hanya PSBB

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata