logo


Ingin Turunkan Berat Badan Saat Puasa? Lakukan Langkah-langkah Ini ya

Bulan Ramadan bisa menjadi waktu yang tepat bagi yang ingin menurunkan berat badan.

26 April 2020 10:00 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi Shutterstock.

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Bulan Ramadan bisa menjadi waktu yang tepat bagi yang ingin menurunkan berat badan.

Tapi, tidak sedikit juga yang mengalami kenaikan berat badan saat bulan puasa. Jika Kawan Jitu ingin menurunkan berat badan, lakukan langkah berikut ini.

1. Banyak makan serat dan protein saat sahur dan buka puasa


Niat dan Tata Cara Salat Tarawih di Rumah

Saat sahur dan buka puasa makanlah makanan yang kaya akan serat dan protein. Serat akan diserap dan dicerna oleh tubuh dalam waktu yang lama jadi bisa merasakan kenyang sepanjang hari. Makanan tinggi serat dan protein akan menekan nafsu makan.

2. Hindari makanan dan minuman manis

Buka puasa memang disarankan untuk mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis untuk mengembalikan energi, namun jangan kebanyakan ya Kawan Jitu.

Terlalu banyak makanan dan minuman manis akan disimpan sebagai lemak oleh tubuh. Ketika berpuasa, produksi insulin tubuh menurun. Insulin fungsinya untuk mengubah gula menjadi sumber energi. Apabila gula tidak diubah menjadi energi maka tubuh akan menyimpannya dalam bentuk lemak.

Pilihlah makanan dengan karbohidrat kompleks untuk menambah energi, seperti sayur, buah, dan nasi merah.

3. Olahraga

Meski sedang berpuasa dan tidak makan banyak, Kawan Jitu jangan bermalas-malasan ya. Tetap berolahraga adalah cara efektif menurunkan berat badan.

4. Minum banyak air

Selama puasa pastikan tetap minum delapan gelas air per hari. Gunakan rumus 2-4-2, yaitu dua gelas saat sahur, dua gelas ketika berbuka puasa, dua gelas setelah tarawih, dan dua gelas sebelum tidur.

5. Hindari gorengan

Jangan tergoda makan makanan yang berlemak saat buka puasa ya. Makan makanan serba digoreng yang sarat lemak jahat bisa membuat gemuk.

6. Tidur cukup

Tidur bisa menjadi cara menurunkan berat badan yang manjur. Kurang tidur ketika puasa akan mengacaukan sistem metabolisme, akibatnya tubuh tidak membakar cadangan lemak secara efektif.

7. Jaga porsi makan

Meski seharian tidak makan, tetap jaga porsi makan ketika sahur dan buka puasa. Makan dengan porsi yang berlebihan bisa meningkatkan gula darah secara tiba-tiba.

Sikat Gigi Bisa Membatalkan Puasa? UAS Berikan Penjelasan

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata