logo


Tip Sukses Membuahkan Srikaya Jumbo

Srikaya jumbo sangat mudah untuk proses membuahkannya, tanpa harus melakukan pemangkasan, buah srikaya jumbo akan berbuah pada umur 1-2 tahun setelah sambung.

24 April 2020 14:47 WIB

Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Srikaya Jumbo New Varietas merupakan tanaman buah yang digandrungi pecinta tanaman buah dalam pot (Tabulampot). Tanaman buah ini memiliki keistimewaan tersendiri karena berbuah tanpa musim.

Perbanyakan bibit srikaya jumbo New Varietas biasanya dengan okulasi, sambung susuan dan sambung pucuk, dan sangat sulit untuk dicangkok. Batang bawah biasanya seedling dari Mulwo, karena lebih cepat pertumbuhannya dibandingkan jika disambung dengan batang bawah srikaya lokal.

Srikaya jumbo sangat mudah untuk proses membuahkannya, tanpa harus melakukan pemangkasan, buah srikaya jumbo akan berbuah pada umur 1-2 tahun setelah sambung.


Ini Kunci Sukses Budidaya Srikaya Jumbo Ala Dedy Harianto

Agar bisa berbuah maksimal perlu dilakukan perompesan daun. Daun-daun pada batang yang tua dirompes/dibuang, 2 minggu kemudian akan muncul calon tunas diikuti calon bunga.

Biarkan bunga mekar seluruhnya sampai terbentuk bakal buah, kemudian lakukan seleksi buah, dengan memilih buah yang normal dan sisakan 40% saja dari total populasi buah.

Penanaman dengan lingkar batang kurang dari 10 cm biasanya bunganya masih banyak yang rontok, bahkan habis tidak tersisa satupun. Jika lingkar batang sudah lebih dari 10 cm biasanya bunganya lebih jarang yang rontok.

Untuk mencegah kerontokan bunga, jangan sampai kekurangan air. Kemudian tambahkan pupuk NPK yang mengandung unsur P dan K yang tinggi serta unsur mikro yang lengkap, pupuk yang mengandung kalsium tunggal dan kapur pertanian yang mengandung magnesium. Bisa juga ditambahkan pupuk yang mengandung magnesium tunggal.

Agar banyak bunga yang jadi buah, bisa juga dilakukan pengguntingan bunga yang masih kuncup. Putik bunga srikaya jumbo lebih cepat matang daripada benangsarinya.

Pada saat masih kuncup, putik sudah matang tetapi benangsari pada bunga yang sama belum matang. Gunting setengah dari panjang bunga yang masih kuncup, hati-hati jangan sampai putik dan benang sari rusak.

Dengan cara seperti ini, putik yang matang bisa dibuahi oleh benangsari bunga lain yang sudah matang. Lalu lakukan pembungkusan sedini mungkin dengan kertas koran yang diberi ventilasi pada bagian bawahnya, agar buah selamat dan mulus tidak diserang lalat buah dan kutu putih.

Selama proses pembesaran buah, berikan pupuk yang mengandung unsur P dan K serta unsur mikro yang tinggi agar buah tidak rontok dan rasa buah lebih manis.

Srikaya Merah Gilas Sembelit Hingga Nyeri Tulang

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar
 
×
×