logo


Mudahnya Menanam Bunga Asoka

Tanaman ini sering dijumpai di pekarangan rumah sebagai penghias taman.

24 April 2020 14:11 WIB

Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Bunga Asoka (Coccinea Ixora) merupakan salah satu jenis tanaman hias yang cukup populer di Indonesia. Tanaman ini sering dijumpai di pekarangan rumah sebagai penghias taman.

Asoka memiliki ciri-ciri bentuk batang tegak dengan kayu yang keras serta bisa tumbuh tinggi hingga 7 meter. Bentuk bunganya memiliki warna merah yang juga ada pula bunga yang berwarna kuning ataupun jingga.

Bunga tumbuhan ini termasuk ke dalam bunga majemuk sama seperti morfologi bunga matahari yang memiliki benang sari yang memiliki jumlah 4 dan kepala sari bunga ini terletak pada bagian mahkota. Daun tanaman ini memiliki bentuk lonjong dengan ujung yang runcing.


Tips Jitu Budidaya Pohon Kurma dengan Kultur Jaringan dan Biji

Membudidayakan bunga asoka cukup mudah, untuk mendapatkan bibitnya ada dua cara yaitu dengan melakukan stek batang dan cangkok.

Media tanam bisa dibuat dari campuran tanah dengan pupuk organik (pupuk kandang atau pupuk kompos). Campurlah kedua bahan tersebut dengan perbandingan 1:1.

Tanam bibit dengan kondisi tegak lurus di tengah pot atau polybag, kemudian tutup lubang dengan tanah. Proses menanam asoka sebaiknya dilakukan waktu sore atau pagi ketika matahari tak terlalu terik.

Rawatlah tanaman tersebut dengan melakukan penyiraman setiap hari sekali dengan menggunakan air bersih yang tidak terkontaminasi zat kimia.

Pemupukan dapat dilakukan satu bulan sekali dengan menggunakan pupuk NPK.

Tanaman asoka juga perlu dilakukan pemangkasan. Waktu yang tepat untuk memangkas batang-batang asoka ialah pada waktu asoka baru saja disiram dan diberi pupuk.

Agar tanaman asoka senatiasa tumbuh dengan sehat, pastikan mendapatkan sinar cahaya matahari pagi setiap harinya.

Mudah bukan menanam bunga asoka.

Banyak Manfaat, Begini Cara Budidaya Tanaman Ekor Kucing

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar