logo


Larangan Mudik Berlaku Hari Ini, Penerbangan Domestik di Stop Kecuali Kategori Ini

Penerbangan domestik dihentikan di wilayah PSBB dan zona merah

24 April 2020 10:28 WIB

Pesawat Japan Airlines
Pesawat Japan Airlines Japan Airlines

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Kementerian Perhubungan telah mengeluarkan peraturan larangan mudik bagi warga yang tinggal di wilayah PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dan wilayah zona merah persebaran corona. Larangan mudik tersebut berimbas pada larangan penerbangan domestik di wilayah tersebut.

Juru Bicara Kemenhub, Adita Irawati mengatakan bahwa larangan penerbangan domestik berlaku untuk penumpang yang melakukan reservasi baru. Namun hal tersebut tidak berlaku bagi penumpang dengan reservasi lama.

"Mengingat karakteristik moda udara yang spesifik, kepada operator penerbangan diberikan kesempatan untuk melaksanakan kewajibannya kepada penumpang sampai dengan hari ini dengan reservasi lama dengan tetap menerapkan protokol kesehatan selama pandemi Covid-19," kata Adita dalam keterangan tertulis, Jumat (24/4/2020).


Larangan Mudik Diberlakukan, Ini Sanksi bagi Mereka yang Nekat Keluar-Masuk Jabodetabek

Sementara untuk penerbangan internasional masih diperbolehkan menjalankan operasionalnya. Itu pun dibatasi bagi warga negara asing yang akan kembali ke negaranya maupun WNI yang akan kembali ke Indonesia.

"Adapun setelah dilakukan evaluasi masa berlakunya peraturan akan sama untuk semua moda transportasi yaitu pada 24 April 2020 hingga 31 Mei 2020," pungkasnya.

Tiga Daerah di Jateng Jadi Zona Merah, Terbanyak dari Klaster Ijtima Gowa

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati