logo


3 Hal Ini Harus Kamu Hindari Selama Berpuasa

Simak ulasan selengkapnya

24 April 2020 03:30 WIB

Ilustrasi, gorengan.
Ilustrasi, gorengan. net

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Sahur merupakan aktivitas makan yang biasa dilakukan oleh umat Islam sebelum terbit fajar. Hal itu rutin dilaksanakan saat menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadan.

Dianjurkan saat sahur untuk mengonsumsi makanan secukupnya. Sebab, kebiasaan makan dengan porsi berlebihan dapat memicu efek samping yang tidak diinginkan seperti sakit perut, konstipasi, atau masalah pencernaan lainnya.

Tak hanya menjauhi makan banyak saat sahur saja, ada beberapa kebiasaan makan lain yang harus dihindari selama berpuasa. Dilansir dari halodoc.com, berikut di antaranya:


Puasa Saat Wabah Corona, Menag Sarankan Ganti Kebiasaan Minum Air Putih Saat Sahur

Makan Terlalu Cepat

Beberapa orang terkadang terlambat bangun sehingga harus makan lebih cepat sebelum waktu imsak. Kebiasaan ini sebaiknya dihentikan. Pastikan memiliki waktu yang cukup untuk memasak makanan dan mengonsumsinya saat sahur.

Otak manusia memerlukan sekitar 15-20 menit sebelum menandakan bahwa perut sudah kenyang.

Artinya, ketika kita makan lebih cepat, maka sinyal di otak dapat terganggu. Akibatnya, seseorang akan makan lebih banyak melebihi kebutuhannya. Kebiasaan ini bisa menyebabkan berat badan naik.

Berbuka dengan Makanan Berminyak

Masyarakat di Indonesia cukup terbiasa berbuka dengan mengonsumsi makanan berminyak. Namun, hal ini dirasa tidak tepat.

Melahap makanan berminyak ketika perut kosong dapat menyebabkan gangguan pencernaan, di antaranya kram dan perut kembung. Sebaiknya, makan potongan buah untuk membuang racun dari tubuh serta memberikan energi yang menyehatkan.

Kurang Minum

Sebagian orang kurang memperhatikan kecukupan air minum dalam tubuh saat hari-hari biasa. Kebiasaan ini bisa berlanjut bahkan semakin buruk saat puasa.

Seperti diketahui, air merupakan komponen yang cukup penting untuk tubuh. Jadi, keseimbangan jumlah air di tubuh harus dijaga sebaik mungkin.

Tidak tercukupinya cairan dapat menyebabkan dehidrasi, sembelit dan penyakit pencernaan lainnya. Oleh karena itu, pastikan mengonsumsi air putih sehabis berbuka secukupnya, baik sebelum tidur maupun ketika sahur.

Awas! Makan Banyak saat Sahur Dapat Memicu Efek Samping

Halaman: 
Penulis : Iskandar
 
×
×