logo


Jokowi Sebut Mudik dan Pulang Kampung Beda, Politikus Demokrat: Akan Jadi Pernyataan Legend

Ucapan Jokowi mengenai perbedaan mudik dan pulang kampung berhasil mencuri perhatian

23 April 2020 21:00 WIB

Presiden Jokowi menjawab pertanyaan para jurnalis usai penganugerahan gelar Pahlawan Nasional, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (9/11) siang.
Presiden Jokowi menjawab pertanyaan para jurnalis usai penganugerahan gelar Pahlawan Nasional, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (9/11) siang. Setpres/Dindha

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ucapan Presiden Joko Widodo mengenai perbedaan mudik dan pulang kampung berhasil mencuri perhatian banyak pihak.

Politikus Partai Demokrat, Jansen Sitindaon, menyebut pernyataan Jokowi tersebut akan menjadi ucapan legenda. Ia juga menyebut bahwa masyarakat mendapat ilmu baru.

"Soal mudik dan pulang kampung ini kelihatannya akan jd pernyataan legend berikutnya. Apalagi jika dikaitkan dgn corona berarti yg satu nyebar virus yg satunya lagi tidak. Selamat utk seluruh masyarakat Indonesia krn telah mendapat ilmu baru dan itu langsung dr pemimpin tertinggi," kata Jansen seperti dilihat Jitunews di akun Twitternya @jansen_jsp, Kamis (23/4).


Jokowi Sebut Lockdown Tak Menyelesaikan Masalah, Jurnalis Asing Membantah

 

Sebelumnya, Jokowi menanggapi soal penilaian keputusan larangan mudik sudah terlambat karena sudah banyak orang yang mudik sejak awal Maret.

Meluruskan hal tersebut, Jokowi mengatakan arus masyarakat yang menuju keluar Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) sebelum ada pelarangan mudik adalah kegiatan pulang kampung.

Pernyataan itu disampaikan saat dirinya ditanya jurnalis Najwa Shihab terkait jutaan masyarakat yang berbondong-bondong mudik sebelum keluar pelarangan, di acara Mata Najwa, di Trans 7, dalam wawancara ekslusif di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (21/4).

"Kalau itu bukan mudik, itu pulang kampung. Yang bekerja di Jabodetabek, di sini, tidak ada pekerjaan, mereka pulang," terang Jokowi.

"Apa bedanya?" tanya Najwa.

"Kalau mudik itu di hari lebarannya. Kalau pulang kampung itu bekerja di Jakarta pulang ke kampung," tegas Jokowi.

Heboh Pulkam Vs Mudik, PKS: Ini Parah, Semestinya Jokowi Tegas

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata