logo


Tak Ada Penambahan Kasus Covid-19, Vietnam Mulai Longgarkan Kebijakan Pembatasan

Vietnam bersiap membuka kembali kegiatan ekonominya usai memberlakukan pembatasan sejak Februari lalu

23 April 2020 20:12 WIB

Vietnam
Vietnam the Jakarta Post

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Vietnam dikabarkan tengan bersiap untuk mulai melonggarkan kebijakan pembatasan secara bertahap usai melaporkan tidak ada penambahan kasus baru virus corona Covid-19 enam hari terakhir ini.

Otoritas Vietnam menyatakan pertokoan dan sejumlah bidang usaha lainnya diizinkan untuk mulai beroperasi kembali seperti sedia kala.

Dikutip dari AFP, pada Kamis (23/4), sejumlah kafe di Hanoi mulai kembali melayani pengunjung, meski kondisi jalanan masih cukup lengang.

Vietnam diketahui menjadi negara pertama yang melarang penerbangan dari dan menuju China. Mereka bahkan bertindak cepat pada awal Februari dengan melakukan karantina satu daerah yang memiliki 10 ribu penduduk.

Pemerintah Vietnam juga aktif dalam melacakan persebaran virus ini secara besar-besaran, dimana semua orang yang sempat melakukan kontak langsung dengan pasien positif Covid-19 akan dipanggil oleh pejabat setempat untuk segera diperiksa.


Masyarakat Inggris Diminta Selalu Gunakan Masker, Pakar: Kecil Kemungkinan Vaksin Covid-19 Tersedia Tahun Ini

Sejak awal bulan Februari lalu, ada lebih dari 18.600 warga Vietnam yang telah dipantau dengan intensif sementara beberapa lainnya bahkan menjalani masa isolasi.

Tran Dac Phu, seorang Pejabat kesehatan di Pusat Operasi Darurat Vietnam (EOC), menilai pemeriksaan terhadap mereka yang menjadi suspect Covid-19 jauh lebih efektif daripada dengan melakukan tes massal, terlebih bagi negara-negara dengan sumber daya yang terbatas.

Sejauh ini jumlah kasus Covid-19 yang tercatat di Vietnam hanya 268 dimana 224 orang telah dinyatakan sembuh, dan tidak ada satu pun laporan kematian.

AS Desak Tiongkok Segera Tutup Permanen Pasar Satwa Liar

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia