logo


Tradisi Padusan yang 'Mati' Menjelang Ramadan 1441 H

Padusan sebagai salah satu tradisi menyambut bulan suci Ramadan

23 April 2020 16:16 WIB

Mandi (brilio.net)
Mandi (brilio.net)

SALATIGA, JITUNEWS.COM- Tradisi padusan adalah tradisi mandi wajib yang dilakukan menjelang bulan Ramadan. Padusan ini banyak dilakukan di daerah Jawa. Mereka meyakini bahhwa dalam menyambut bulan Ramadan jiwa dan raga harus bersih. Padusan biasanya dilakukan di area sumber mata air.

Namun tradisi padusan untuk tahun ini tidak ada. Pasalnya pemerintah daerah telah melarang padusan demi mengantisipasi persebaran virus corona. Pelarangan padusan terjadi di beberapa daerah termasuk di Kota Salatiga, Jawa Tengah.

"Namun kita semua prihatin karena tahun ini ada wabah corona sehingga dengan sangat terpaksa tradisi padusan ditiadakan," kata Wali Kota Salatiga, Yuliyanto di Rumah Dinasnya, Salatiga, Rabu (22/4/2020).


Download Jadwal Awal Puasa 1 Ramadan 2020/1441 H Imsakiyah dan Buka Puasa

Larangan padusan sejalan dengan imbauan pemerintah untuk tidak melakukan kerumunan dan tetap menjaga jarak fisik.

"Saat ini kita semua harus patuh dengan aturan social atau physical distancing, dan berdoa agar wabah corona segera berakhir," ujar Yuliyanto.

"Tempat-tempat (sumber mata asi untuk padusan) tersebut otomatis kita tutup dengan surat resmi dari Disbudpar selalu pengelola. Jika padusan lebih baik di rumah saja," pungkasnya.

Puasa di Tengah Pandemi Corona, Yuk Lakukan 6 Persiapan Ini

Halaman: