logo


Instruksi Trump kepada Angkatan Laut AS: Tenggelamkan Semua Kapal Iran yang Mengganggu

"Saya telah instruksikan Angkatan Laut AS untuk menenggelamkan dan menghancurkan semua kapal Iran yang mengganggu kapal kita di lautan," tulis Trump di Twitter

23 April 2020 15:00 WIB

Presiden Amerika Serikat Donald Trump
Presiden Amerika Serikat Donald Trump national Review

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Presiden AS Donald Trump, pada Rabu (22/4) kemarin, menyatakan bahwa ia telah menginstruksikan angkatan laut AS untuk menembak semua kapal Iran yang nekat mengganggu mereka.

Gesekan dan pertikaian AS dengan militer Iran bukanlah sebuah hal yang mengejutkan sejak 2016-2017 silam. Angkatan Laut AS bahkan sudah berulang kali melakukan tembakan peringatan kepada sejumlah kapal Iran yang mendekati mereka.

"Saya telah instruksikan Angkatan Laut AS untuk menenggelamkan dan menghancurkan semua kapal Iran yang mengganggu kapal kita di lautan," tulis Trump di Twitter, beberapa jam usai militer Iran berhasil meluncurkan satelit militer pertama mereka.


WHO: Virus Covid-19 akan Bersama Kita dalam Waktu yang Lama

Pernyataan Trump tersebut tampaknya bakal memicu ketegangan yang terjadi dalam hubungan AS-Iran selama ini. Kendati demikian, Trump mengklaim apa yang ia instruksikan tersebut tidak merubah kesepakatan aturan militer antar kedua negara.

Sementara itu, seorang petinggi Pentagon, David Norquist, menyebut pernyataan Trump tersebut hanya merupakan sebuah peringatan kepada Teheran bahwa mereka tak akan tinggal diam saat diganggu, namun militer AS akan tetap tunduk pada kesepakatan yang ada.

"Presiden telah memberi peringatan kepada Iran, apa yang ia (Trump) tekankan adalah semua kapal militer AS diperbolehkan untuk membela diri," katanya dikutip dari Reuters pada Kamis (23/4).

Sementara itu, juru bicara militer Iran mengatakan bahwa AS harus fokus untuk 'menyimpan' kekuatan militernya akibat virus Corona Covid-19.

Menlu AS Tuduh Beijing Sengaja Lenyapkan Sampel Virus Covid-19

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia