logo


Jokowi Sebut Lockdown Tak Menyelesaikan Masalah, Jurnalis Asing Membantah

Lockdown di Vietnam dinilai berhasil

23 April 2020 13:10 WIB

Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa lockdown tidak akan efektif dalam memerangi pandemi corona. Ia sebut tidak ada satupun negara di dunia yang sukses menerapkan lockdown.

"Bukan masalah budget. Kita juga belajar dari negara lain apa lockdown itu berhasil menyelesaikan masalah, kan tidak. Coba tunjukkan negara mana yang berhasil melakukan lockdown dan menghentikan masalah ini, nggak ada menurut saya," kata Jokowi dalam acara Mata Najwa yang tayang di Trans7, Rabu (22/4/2020).

Menanggapi pernyataan Jokowi, seorang jurnalis asing Max Walden mengatakan bahwa Vietnam adalah negara yang berhasil menerapkan lockdown sebagai upaya memerangi virus corona.


Pemukiman Mewah Dapat Bansos Corona, Anies Baswedan: Penyaluran Tidak Mungkin Sempurna

"Vietnam yang GDP (Gross Domestic Product) per kapitanya lebih rendah dari Indonesia dengan sigap menerapkan lockdown yang ketat sehigga hasilnya saat ini mereka perlahan sudah kembali pulih," tulis Max Walden di akun Twitternya @maxwalden_, Rabu (22/4/2020).

Sebelumnya, WHO mengatakan bahwa Vietnam adalah salah satu negara di Asia Tenggara yang siap dalam mengahadapi pandemi corona. Vietnam memberlakuan lockdown setelah beberapa warganya diketahui positif corona.

 

WHO: Virus Covid-19 akan Bersama Kita dalam Waktu yang Lama

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati