logo


Media Korut Bungkam Soal Kondisi Kim Jong-un, Donald Trump: Saya Berharap Dia Baik-baik Saja

"Saya hanya berharap dia baik-baik saja. Saya memiliki hubungan yang sangat baik dengan Kim Jong-un. Kami tidak tahu apakah laporan itu benar," ujar Presiden AS Donald Trump.

22 April 2020 17:57 WIB

istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Saat berbagai media internasional berspekulasi tentang kondisi kesehatan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, madia pemerintah Korut sejauh ini masih bungkam terkait hal itu. Mereka justru mengekspos berita tentang pencapaian Kim dalam sektor perekonomian.

Munculnya anggapan dan isu soal kondisi kesehatan Kim awalnya muncul lantaran ketidakhadirannya dalam peringatan hari ulang tahun sang Kakek yang merupakan pendiri negara tersebut, Kim Il-sung pada 15 April silam. Sejumlah media internasional kemudian melaporkan bahwa Kim tengah menjalani perawatan di sebuah rumah sakit karena penyakit jantung. Kendati demikian, sumber informasi tersebut sejauh ini masih belum diketahui atau anonim.

Mantan Wakil Dubes Korut yang kini membelot ke Korea Selatan, Thae Yong-ho menyebut bungkamnya media pemerintah Korut kali ini terlihat janggal. Pasalnya, mereka biasanya langsung mengeluarkan bantahan setiap kali ada berita kontroversial tentang Kim Jong-un.


Belanda Perpanjang Kebijakan Pembatasan Hingga 1 September 2020

"Setiap kali ada kontroversi tentang (Kim), Korea Utara akan mengambil tindakan dalam beberapa hari untuk menunjukkan bahwa dia masih hidup dan sehat. Ketidakhadiran Kim dalam peringatan pada 15 April tidak pernah terjadi sebelumnya," ujarnya.

Sementara itu, Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, enggan mengeluarkan komentar terkait hal tersebut. Trump hanya berharap Kim baik-baik saja.

"Saya hanya berharap dia baik-baik saja. Saya memiliki hubungan yang sangat baik dengan Kim Jong-un. Kami tidak tahu apakah laporan itu benar," ujar Presiden AS Donald Trump.

Pandemi Covid-19 Bikin Kasus Kelaparan dan Malnutrisi di Dunia Meningkat

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia