logo


Banyak Manfaat, Begini Cara Mudah Menanam Serai

Tanaman ini banyak ditemukan di daerah tropis seperti di negara-negara benua Asia, Afrika, Amerika dan beberapa wilayah di Australia.

22 April 2020 17:31 WIB

MomJunction

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Tanaman sereh atau serai merupakan sejenis tanaman yang berdaun mirip rumput gajah dengan daun yang lebih ramping tentunya. Tanaman ini banyak ditemukan di daerah tropis seperti di negara-negara benua Asia, Afrika, Amerika dan beberapa wilayah di Australia.

Daun serai mengandung zat anti-bakteri dan anti mikroba yang bermanfaat untuk mengobati infeksi pada lambung, saluran kandung kemih, serta dapat menyembuhkan luka. Kandungan analgesik pada serai juga berperan dalam membantu menghilangkan rasa sakit yang akibat nyeri otot, nyeri sendi dan sakit kepala. Bukan hanya itu saja, serai juga dapat mengatasi Insomnia, Anti Kanker, Obat Batuk, Obat Sakit Gigi, dan mengurangi Kolesterol.

Tanaman yang kaya manfaat ini ternyata juga mudah umtuk dibudidayakan di rumah, Anda dapat melakukan beberapa langkah sederhana berikut ini:


Penuh Akan Khasiat? Ini Fakta Tentang Obat Herbal yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Siapkan batang serai yang memiliki akar dan potong daun atasnya sehingga tersisa batang 20 cm dari pangkal batangnya. Bibit dapat diperoleh dari pasar atau pun tukang sayur keliling.

Gali lubang dengan menggunakan cangkul, berilah pupuk kandang ke dalam lubang.Tanamlah bibit serai, dan tutup kembali. Sebaiknya penanaman dilakukan pada awal musim penguhujan.

Selain melakukan hal tersebut, perawatan juga amat penting untuk proses pertumbuhan yang optimal. Perawatan yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan penyulaman pada bibit serai yang tidak tumbuh, dan melakukan penyiraman jika tidak ada hujan. Oleh karena itu sebaiknya penanaman dilakukan pada awal musim penghujan.

Yang tak kalah penting, pembersihan rumput-rumput liar yang tumbuh juga sangat diperlukan agar tanaman serai dapat tumbuh dengan baik.

Selamat menanam serai!

Sering Dijadikan Ramuan Herbal, Konsumsi Jahe Berlebihan Bisa Sebabkan....

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar