logo


Trump Sebut Covid-19 Sengaja Dibuat, Dubes China: Tuduhan tak Berdasar

"Apa yang mereka inginkan? Kenapa mereka melakukan hal tersebut ketika priorotas utama saat ini menyelamatkan jiwa? Kenapa, saat dimana kita memerlukan penjelasan ilmiah, justru digulirkan banyak sekali rumor tak benar?" kata Dubes China untuk A

22 April 2020 13:08 WIB

reuters

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sejumlah tokoh politisi AS termasuk Donald Trump, belakangan ini diketahui menyebut Otoritas China harus bertanggung jawab atas terjadinya pandemi Covid-19 secara global. Tak terima dengan hal tersebut, Dubes China untuk AS, Cui Tankai, menuding para politisi AS telah mempolitisasi isu Covid-19 dengan melontarkan tuduhan yang tak berdasar. Para politisi tersebut mengabaikan saran dan kata para pakar tentang asal muasal virus Covid-19.

"Perhatian mereka terhadap pandangan para peneliti dan pakar sangatlah minim," ujar Cui Tankai kepada Bloomberg, dikutip dari South China Morning Post pada Rabu (22/4).

"Mereka telah mencoba mengupayakan stigmatisasi, dengan tuduhan tak berdasar," lanjutnya.


Diserang Teori Konspirasi Corona, Bill Gates: Di Situasi Gila Pasti Ada Rumor Gila Juga

Pekan lalu, Presiden AS bahkan menggaungkan sebuah teori konspirasi yang menyebut bahwa virus Covid-19 sengaja dibuat pada sebuah laboratorium dekat Kota Wuhan, tempat virus Covid-19 muncul pertama kali. Trump juga menginstruksikan kepada Mike Pompeo, Sekretaris Negara, untuk meminta Beijing mengijinkan dilakukannya penyelidikan di laboratorium tersebut. Trump bahkan tak menggubris penjelasan Dr Anthony Fauci, seorang pakar penyakit menular, terkait bagaimana cara perpindahan dan mutasi virus Covid-19.

"Apa yang mereka inginkan? Kenapa mereka melakukan hal tersebut ketika priorotas utama saat ini menyelamatkan jiwa? Kenapa, saat dimana kita memerlukan penjelasan ilmiah, justru digulirkan banyak sekali rumor tak benar?" tandasnya.

Gelombang Kedua Wabah Covid-19 AS Diprediksi Terjadi saat Musim Dingin dan Bakal Lebih Parah

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia