logo


Banyak Manfaat, Begini Cara Budidaya Tanaman Ekor Kucing

Perbanyakan tanaman ekor kucing dapat dilakukan dengan cara cangkok dan stek batang, perbanyakan yang mudah dilakukan dan tingkat kegagalan tumbuh yang kecil adalah dengan cara stek sungkup.

21 April 2020 16:30 WIB

Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ekor kucing (Acalypha hispida) merupakan tanaman yang biasanya dijadikan tanaman hias untuk menghiasi taman ataupun halaman rumah. Tanaman Ekor kucing berasal dari Hindia Barat.

Perbanyakan tanaman ekor kucing dapat dilakukan dengan cara cangkok dan stek batang, perbanyakan yang mudah dilakukan dan tingkat kegagalan tumbuh yang kecil adalah dengan cara stek sungkup.

Cara yang pertama dilakukan adalah pemilihan batang untuk bakal bibit yang akan di stek. Potong beberapa batang dari pohon induk, kemudian berikan fungisida pada penampang bekas potongan.


Salut, Mahasiswa Ini Ciptakan Ramuan Herbal untuk Enyahkan Insomnia!

Media tanam yang tepat untuk pertumbuhan maksimal tanaman ekor kucing yang maksimal yaitu tanah humus, kompos atau media tanam dengan komposisi seimbang seperti pupuk kandang, tanah gembur, humus daun dan sekam, campurkan semua bahan hingga merata dan masukkan ke dalam pot kecil.

Tanam beberapa batang bibit ekor kucing yang ujung pangkalnya sudah diolesi fungisida, dalam satu pot dapat ditanam beberapa bibit. Sungkup dengan plastik dan ikat ujung bawah plastik pada pot.

Setelah 2 minggu biasanya tunas-tunas daun baru sudah tumbuh dengan warna hijau muda, sebagai pertanda bahwa proses stek sudah berlangsung dengan baik, saat itu plastik sungkup sudah dapat dibuka.

Setelah satu bulan berikutnya bibit sudah siap dipindahkan pada pot atau polybag, bisa juga ditanam langsung pada lahan atau juga di pekarangan rumah sebagai tanaman hias.

Tanaman bunga ekor kucing berhasil ditanam, jangan lupa lakukan perawatan secara rutin, setidaknya lakukan penyiraman setiap satu kali sehari.

Selain itu lakukan pula pemupukan, pemupukan tanaman ini tidak begitu rumit, berikan pupuk setidaknya sebanyak satu kali dalam sebulan dengan menggunakan pupuk NPK Bunga.

Manfaat tanaman ekor kucing.

Tanaman ekor kucing juga memiliki banyak manfaat untuk pengobatan. Berikut adalah beberapa penyakit yang bisa disembuhkan tanaman ekor kucing :

Vitiligo

Cara penggunaannya adalah ambil segenggam daun segar ekor kucing dan ½ ibu jari kencur, cuci hingga bersih lalu dihaluskan, usapkan pada bagian yang memiliki bercak putih lalu balut dengan kain bersih/perban. lakukan cara pengobatan ini secara berkala.

Luka berdarah

Cara penggunaannya ambil segenggam bunga ekor kucing kemudian cuci hingga bersih, tumbuk sampai halus lalu balurkan pada luka, lalu bungkus dengan kain bersih.

Disentri

Cara penggunaannya ambil bunga ekor kucing 15-25 lembar kemudian rebus hingga mendidih, kemudian saring dan minum air rebusan bunga ekor kucing tersebut.

Radang usus

Cara penggunaannya ambil 25 gram bunga ekor kucing kemudian cuci hingga bersih. Rebus bunga tersebut sampai air mendidih. Kemudian air rebusan disaring dan diminum.

Cacingan

Cara penggunaannya ambil sekitar 20 gram bunga ekor kucing, lalu rebus menggunakan air bersihsampai mendidih kemudian saring dan setelah dingin minum air rebusan ini.

Muntah berdarah

Cuci Bunga ekor kucing hingga bersih lalu kunyah mentah bunga ekor kucing dicampur dengan pinang putih, jika ada tambahkan kencur, jahe, daun pule yang masih muda, lakukan scara berkala.

Disentri

Cara penggunaannya ambil 15-25 helai bunga ekor kucing lalu cuci hingga bersih lalu direbus dengan air secukupnya. Kemudian setelah dingin saring dan minum.

Kusta

Cara penggunaannya ambil daun ekor kucing secukupnya kemudian cuci hingga bersih, tambahkan sedikit kencur, tumbuk sampai halus, lalu balurkan pada tubuh yang mengalami luka.

Nah, semoga kita lebih bisa memahami dan menggunakan bunga ini dengan baik yah..

Catat! Ini 5 Herbal Alami untuk Napas Lebih Segar!

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar
 
×
×