logo


Rahasia Sukses Bertanam Kantong Semar

Nepenthes ampullaria adalah salah satu dari ribuan jenis kantong semar yang disarankan jika anda ingin menanam atau membudidayakan tanaman hias ini.

21 April 2020 14:04 WIB

www.marcellocatalano.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Nepenthes ampullaria adalah katung semar berbentuk termos. Kantung semar jenis ini bisa ditemukan di Kalimantan, Sumatra, Semenanjung Malaysia, Singapura, Kepulauan Maluku dan New Guinea.

Nepenthes ampullaria  adalah salah satu dari ribuan jenis kantong semar yang disarankan jika anda ingin menanam atau membudidayakan tanaman hias ini.

Sebelum menanam kantung semar yang perlu dipersiapkan adalah media tanam. Campuran tanah dengan sekam bakar yang lembab dan tidak begitu padat dapat digunakan. Media tanam yang digunakan usahakan tidak terlalu kering ataupun terlalu banyak air.


Sentra Tanaman Hias Pasar Rebo: Pedagang Kantongi Omzet Rp 18 Juta Per Bulan!

Selain media tanam campuran tanah dengan sekam bakar, anda dapat menggunakan media tanam berupa cocopeat yang dicampur dengan sekam bakar dengan perbandingan 1 : 1.

Tempatkan bibit Nepenthes ampullaria yang sudah ditanam ditempat yang ternaungi. Sedangkan untuk bibit yang berasal dari alam, anda harus menyukupnya dengan plastik bening terlebih dahulu sampai tanaman benar-benar beradaptasi.

Untuk perawatan Nepenthes ampullaria tidak begitu sulit karena tanaman hias ini seyogyanya adalah tanaman yang tahan banting karena sudah terbiasa di lahan miskin unsur hara. Patokan itulah yang seringkali dijadikan dasar para penggemar Nepenthes untuk tidak memupuk tanamannya.

Namun tidak ada salahnya jika anda ingin memupuk tanaman hias ini agar mendapatkan hasil kantong yang berkualitas jauh lebih bagus.

Pupuk yang dianjurkan adalah pupuk daun yang kandungan nitrat nitrogennya lebih tinggi daripada amonium nitrogen.

Dosis pemberian pupuk seperempat dosis anjuran dan diberikan seminggu sekali baik melalui daun maupun media.

Cara Praktis Merawat Tanaman Hias, Cocok untuk Kamu yang Sibuk

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar
 
×
×