logo


10 Kriteria Membuat Merek Usaha Agar Mudah Dikenal (1)

Merek atau brand usaha merupakan salah satu kunci utama dalam perkembangan usaha

1 April 2015 11:06 WIB

istimewa
istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Dalam sebuah usaha, merek atau brand usaha merupakan salah satu kunci utama dalam perkembangan usaha. Karena memang dengan merek atau brand yang mudah diingat bukan tidak mungkin akan berpengaruh pada penjualan produk ke masyarakat.

Karena itu, bagi para pelaku usaha pemula berikut beberapa kriteria yang harus dipertimbangkan dalam membuat sebuah mereka agar mudah dikenal oleh Aris Budi Setyawan, dosen Program DIII Bisnis dan Kewirausahaan Universitas Gunadarma.  

1. Merek sebaiknya mudah diucapkan
Hal ini penting, terutama untuk produk yang tidak terbatas/tersegmen. Dengan konsumen yang beragam, harus disadari bahwa tidak semua konsumen memiliki tingkat pengetahuan atau pendidikan yang sama. Sehingga merek yang dengan mudah dibaca oleh seorang konsumen belum tentu mudah pula dibaca oleh konsumen lain.

Beberapa tips yang mendukung agar merek mudah dibaca antara lain, menggunakan kata atau istilah yang berasal dari bahasa sehari-hari konsumen, seperti ‘segar’, ‘maju’, ‘kelinci’, ‘mawar’, dan sejenisnya. Atau bisa juga dengan menggunakan merek sesuai dengan bahasa daerah di mana produk tersebut dipasarkan.


5 Langkah Jitu Mempertahankan Pelanggan dalam Bisnis Daycare

2. Merek sebaiknya mudah diingat
Selain agar mudah dibaca pemilihan merek seperti dijelaskan pada poin pertama juga akan berdampak mudahnya konsumen untuk mengingat merek tersebut. Jangan sampai terjadi, dibaca saja susah apalagi diingat?

3. Merek sebaiknya mudah dikenali
Seiring dengan mudah dibaca, dan diingat, merek akan mudah dikenali dan tentunya juga mudah konsumen yang baru pertama kali ingin membeli produk tersebut.
Untuk bisa mudah dikenali, merek perlu dibuat dengan misalnya, penulisan huruf  dan kata yang jelas, komposisi atau susunan yang jelas, kombinasi dengan gambar yang jelas dan sesuai, pemilihan warna yang tepat dan jelas.

4. Merek sebaiknya didesain dengan menarik
Desain yang menarik tidak hanya akan memudahkan produk mudah dikenali, namun juga dapat menciptakan citra yang baik untuk produk tersebut. Desain yang menarik juga akan membuat produk lebih menonjol dibandingkan dengan produk sejenis lainnya, sehingga potensi untuk dilihat dan dipilih oleh konsumen juga akan lebih besar peluangnya.

5. Merek sebaiknya menampilkan manfaat produk
Seperti telah dijelaskan sebelumnya, merek yang dipilih sebaiknya tidak hanya menarik saja, namun ada baiknya disesuaikan dengan produk yang bersangkutan. Merek sebaiknya bisa menggambarkan manfaat dari produknya. Sebagai contoh penggunaan kata ‘segar’, ‘hangat’, ‘pintar’, dapat menjadi pilihan. Meskipun tidak ada salahnya merek atau nama produk, menggunakan merek atau nama dari binatang, anggota badan, nama keluarga, dan sebaginya.

Berita selanjutnya

Pulang Kampung, Mantan TKW ini Buka Usaha Beromset Puluhan Juta

Halaman: 
Penulis : Hasballah