logo


Tips Jitu Menanam Wortel Menggunakan Polybag

Di Indonesia, wortel sudah banyak dibudidayakan, tak heran sayuran jenis ini mudah sekali ditemukan di pasaran.

20 April 2020 12:23 WIB

Ilustrasi - internet
Ilustrasi - internet

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Wortel (Daucus carota L) merupakan jenis sayuran yang berasal dari wilayah Asia Timur hingga Asia Tengah. Sayuran ini memiliki kandungan vitamin A yang sangat tinggi.

Di Indonesia, wortel sudah banyak dibudidayakan, tak heran sayuran jenis ini mudah sekali ditemukan di pasaran.

Budidaya wortel tidak terlalu sulit, bahkan tanaman ini bisa dibudidayakan di pekarangan sempit dengan menggunakan polybag.  


Setahun Lebih Ditanam, PKK Jakarta Ikut Panen Perdana Jahe Merah

Wortel membutuhkan suhu optimum untuk pertumbuhannya yaitu kisaran 15-21'C. Suhu demikian cocok untuk pertumbuhan akar dan bagian atas tanaman sehingga warna dan bentuk akar dapat optimal.

Tanah yang cocok untuk pertumbuhan wortel adalah tanah yang drainasinya baik, kaya bahan organik dan subur dengan ketinggian 1200-1500 m dpl.

Pemilihan benih wortel adalah hal utama yang harus diperhatikan, pasalnya Benih wortel akan menentukan umbi unggul yang mampu dihasilkan oleh tanaman wortel.

Tahap berikutnya adalah penyemaian benih wortel. Penyemaian sebaiknya menggunakan media dengan komposisi tanah yang banyak mengandung berbagai unsur hara lengkap.

Setelah benih wortel tumbuh dengan memiliki 3 hingga 4 daun, tanaman wortel sudah siap untuk dipindahkan ke Polybag.

Media tanam yang digunakan untuk menanam wortel di polybag adalah campuran pupuk dan tanah yakni satu berbanding dua. Pupuk yang digunakan dapat berupa kompos padat maupun cair serta pupuk kandang.

Bibit wortel dimasukan ke dalam lubang dengan kedalaman kurang lebih 5 cm. Pemindahan bibi t dilakukan dengan hati–hati. Media bekas pembibitan sebaiknya ikut dimasukan bersama akar. Hal ini untuk memudahkan tanaman segera beradaptasi.

Pemeliharaan dan perawatan tanaman wortel dilakukan dengan penyiraman pada pagi dan sore hari. Apabila tanaman wortel Anda sudah mulai tumbuh dengan ketinggian 8–10 cm maka tambahkanlah pupuk ke dalam media baik itu pupuk cair maupun pupuk kering yang dapat diberikan 1 kali dalam 2 minggu.

Pada usia 2 – 2,5 bulan, tanaman wortel sudah dapat dipanen. Hindarilah keterlambatan memanen untuk mendapatkan rasa wortel yang manis karena apabila terlambat memanen maka umbi wortel yang kita tanam akan berubah menjadi lebih keras.

UNS Solo Gelar Workshop Diseminasi Hasil Penelitian Pengembangan Agribisnis Kopi

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar