logo


Fenomena Munculnya Ratusan Cacing di Solo, Benarkah Karena Disinfektan Corona?

Ribuan cacing muncul di Kawasan Pasar Gede Solo

20 April 2020 09:08 WIB

Cacing tanah.
Cacing tanah. Istimewa

JAWA TENGAH, JITUNEWS.COM- Belakangan ini muncul fenomena keluarnya ratusan cacing dari tanah di Kota Solo, tepatnya di Pasar Gede. Saking banyaknya, ratusan cacing tersebut bisa satu ember apabila dikumpulkan.

"Itu ada ratusan mungkin. Kalau dijadikan satu bisa satu ember. Langsung saya sapu sampai bersih, soalnya kan sini buat jualan," kata pedagang bakso, Marsono kepada wartawan di Pasar Gede, Solo, Sabtu (18/4/2020).

Beberapa pihak berspekulasi bahwa munculnya ratusan cacing tersebut dikaitkan dengan pertanda gempa bumi. Namun ada yang mengatakan hal tersebut dikarenakan pengaruh disinfektan yang disemprotkan akhir-akhir ini untuk menanggulangi virus corona.


Penyemprotan Disinfektan Dinilai Konyol, Ferdinand: Maju Terus Indonesia, Jangan Terlalu Mau Diatur WHO

"Kecuali kalau disinfektan disemprot di satu titik dengan jumlah besar mungkin langsung keluar. Tapi ini kejadiannya di berbagai tempat, jadi saya kira bukan," kata pakar Lingkungan Hidup Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Prabang Setyono kepada wartawan.

Namun menurut Prabang, fenomena munculnya ratusan cacing tersebut bisa disebabkan karena adanya perubahan kondisi tanah secara drastis.

Tegas, Semua Pemudik yang Pulang Kampung ke Solo Langsung Dikarantina, Meski Tak Tunjukkan Gejala

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati