logo


Virus Covid-19 Berhasil 'Menyusup' ke Korea Utara

Kasus positif Covid-19 juga terjadi di Korea Utara

19 April 2020 06:29 WIB

Kim Jong-un
Kim Jong-un nikkei

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kepada warganya, Pemerintah Korea Utara mengungkapkan bahwa negara tersebut tidak luput dari serangan wabah Covid-19 dimana telah ada sejumlah kasus yang terkonfirmasi pada akhir bulan Maret kemarin, dilansir dari South China Morning Post pada Minggu (19/4).

Hal tersebut tentunya sangat bertolak belakang dengan klaim otoritas Pyongyang yang menyebut belum ada kasus yang terkonfirmasi seperti yang dilaporkan Radio Free Asia pada Jumat Sebelumnya.

Menurut pantauan RFA, dari sejumlah kasus Covid-19 yang sudah terkonfirmasi tersebut, ada dua kota yang menjadi sumber penyebaran, yakni Pyongyang dan salah satu kota lain di provinsi Ryanggang.


Ungkap Data Terbaru Covid-19 di Indonesia, Ada 6.248 Orang Positif

Sementara itu, pemerintah Korea Utara memiliki versi data yang berbeda terkait dengan lokasi penyebaran virus Covid-19. Mereka menyebut kasus positif Covid-19 yang telah terkonfirmasi terjadi di Pyongyang, Provinsi Hwanghae Selatan, yang merupakan kawasan paling selatan, dan Provinsi Hamgyong Utara, sebuah kawasan terluar yang terletak di sebelah timur laut.

Pyongyang sendiri diketahui telah memperketat penjagaan dan pemeriksaan di wilayah perbatasan. Mereka juga mengharuskan semua WNA yang datang dari negara terdampak wabah Covid-19 menjalani masa karantina selama 30 hari. Hal tersebut membuat puluhan diplomat asing keluar dari Korea Utara, bulan Maret kemarin.

Media milik pemerintah, KCNA, menyebutkan pemerintah Korut tengah menyelidiki wilayah mana saja yang telah terinfeksi virus tersebut dan segera mengupayakan blokade secara menyeluruh semua wilayah perbatasan negara, termasuk perairan dan wilayah udara Korut, hingga pandemi global Covid-19 berakhir.

Tuding Virus Covid-19 Sengaja Dibuat, AS Minta China Buka Akses Laboratorium Wuhan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×