logo


Andai Dunia Dengar Kata Obama

Pada tahun 2014 Obama telah memprediksi akan adanya ancaman wabah penyakit

17 April 2020 19:14 WIB

Presiden ke-44 Amerika Serikat, Barrack Obama
Presiden ke-44 Amerika Serikat, Barrack Obama Instagram Obama

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Amerika Serikat melaporkan kasus kematian baru virus corona mengalami lonjakan sebanyak 4.491 kasus pada Kamis (16/4/2020) yaitu angka tersebut menjadi angka tertinggi dalam 24 jam selama pandemi corona di dunia. Namun beberapa pihak mengklaim bahwa angka tersebut termasuk korban meninggal yang belum dilaporkan sebelumnya.

Dilansir dari Worldometer, hingga Jumat siang (17/4/2020) AS mencatat pasien positif corona sebanyak 678.144 kasus dengan kasus kematian mencapai 34.641 kasus. Sementara pasien yang dinyatakan sembuh sebanyak 57.844. Sementara New York menjadi negara paling parah terpapar corona dengan kasus positif corona sebanyak 226.198 kasus dan yang meninggal dunia sebanyak 16.106.

Sebelumnya pada tahun 2014, dilansir dari Republika.co.id, Presiden Obama sudah mengingatkan bahwa dunia bisa saja menghadapi ancaman wabah sebagaimana adanya wabah Ebola. Meski Ebola tertangani dengan baik sehingga tidak terjadi pandemi global. Obama mengatakan bahwa dalam dunia global seperti saat ini, orang akan sangat mudah berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain. Hal tersebut akan membuat ancaman wabah sulit untuk diatasi dan benar saja tahun 2020 ini apa yang dikatakan Obama terjadi.


Donald Trump Klaim Keadaan Corona Semakin Terkendali, Iwan Fals: Kita Sabar-sabar Dulu Ya

Sebagaimana Bill Gates, Obama sudah mengingatkan akan adanya ancaman wabah penyakit di masa mendatang. Oleh karenanya, ia pernah meminta dunia bersiap menghadapi ancaman wabah penyakit yang akan menginfeksi jutaan manusia.

Obama minta dunia menggalakan penelitian, penyiapan faslitas kesehatan, dan deteksi awal. Namun karena saat itu belum ada tanda-tanda munculnya wabah penyakit corona, hingga banyak pihak yang kesulitan memusatkan perhatian sehingga cenderung mengabaikan.

Sayang sungguh sayang, bila dunia menanggapi serius seruan Obama tersebut mungkin kondisi pandemi Covid-19 tidak akan separah ini. Dunia benar-benar dalam kerugian karena gagap menangani virus yang baru muncul pada akhir tahun 2019 lalu.

Berbagai peristiwa di dunia atau di tiap negara tentunya membutuhkan perhatian lebih. Hal tersebut agar perubahan tersebut menjadi fokus serta prioritas setiap negara.

 

Usai Dinyatakan Positif Corona, Selebgram 'Zombie Angelina Jolie' Minta Dibebaskan dari Penjara

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati