logo


Cara Mudah Menanam Anggrek Hitam, Si Cantik dari Kalimantan

Anggrek Hitam (Coelogyne pandurata) merupakan maskot bagi Provinsi Kalimantan Tengah.

17 April 2020 15:23 WIB

sandiorchid.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Anggrek Hitam (Coelogyne pandurata) merupakan maskot bagi Provinsi Kalimantan Tengah. Anggrek Hitam memiliki bentuk, warna, aroma yang sangat menarik.  Anggrek ini merupakan jenis anggrek epifit dan simpodial (pertumbuhan batang terbatas).

Anggrek hitam memiliki kelopak bunga yang berwarna hijau pupus dan lidah bunga yang berwarna hitam pekat.

Tanaman ini tumbuh di dataran rendah maupun daerah pegunungan (dipertocarpt) dengan ketinggian 1.000-1.500 dpl. Kelembaban nisbi (RH) yang diperlukan untuk anggrek berkisar antara 60–85 persen.


Mengulik Keindahan White Egret, Spesies Anggrek yang Mirip Bangau Terbang

Anggrek hitam merupakan anggrek epifit yang hidupnya menumpang pada tanaman inang, namun kalau ingin menanamnya di pot untuk menghiasi perkangan rumah, hal itu masih sangat memungkinkan untuk dilakukan.

Menanam anggrek hitam di pot sangatlah mudah. Media tanam yang digunakan bisa media sabut kelapa, arang, pakis dan serbuk gergaji.

Tanaman yang sudah ditanam harus ditempatkan di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Anggrek hitam yang sudah ditanam di pot bisa ditempatkan di teras rumah atau di bawah pohon.

Untuk perawatan, anggrek hitam cukup disiram sehari sekali untuk tamanan dewasa, sedangkan untuk tanaman muda disiram 2 kali perhari yaitu yaitu pagi hari (06.00–08.00) dan sore hari (16.00–18.00).

Sedangkan untuk pemupukan diberikan sesuai umur tanaman dan dilakukan 2 kali dalam satu minggu. Pemupukan sebaiknya dilakukan pagi hari (06.00–07.00) atau sore hari (16.00–18.00).

Bila menggunakan pupuk berbentuk cair, semprotkan ke permukaan bawah daun, batang lalu ke akar. Jenis pupuk untuk anggrek hitam muda, pilih yang banyak mengandung unsur N untuk merangsang pertumbuhan vegetatif.

Potensi Antikanker Anggrek Merpati

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar