logo


Jarang Diketahui, Apa sih RAM itu?

RAM atau Random Access Memory sering kali kita temukan pada perangkat komputer, laptop, dan smartphone

17 April 2020 09:15 WIB

IMEI Smartphone
IMEI Smartphone TekRevue

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Dalam menggunakan smartphone, laptop atau PC, tentunya kalian sangat familiar dengan istilah Random Access Memory atau yang biasa disingkat RAM.

Sebenarnya, apa sih RAM itu? Apa fungsinya? Berikut ulasannya.

Komponen yang biasa kita temukan pada perangkat komputer dan smartphone ini dapat berfungsi sebagai penyimpanan data primer, maupun data sekunder dalam jangka panjang.


Travelling Kian Mudah Berkat Teknologi, Sudahkah Kalian Mencobanya?

RAM sangat berperan dalam proses multitasking atau saat kita mengoperasikan beberapa aplikasi di waktu bersamaan. Bisa dibilang, semakin besar ukuran RAM yang dimiliki oleh sebuah perangkat, proses multitasking juga akan semakin lancar. Sehingga perangkat yang menggunakan RAM lebih besar, lebih lancar dalam mengoperasikan aplikasi dibanding dengan perangkat dengan RAM yang lebih kecil.

Fungsi utama komponen ini adalah sebagai penyimpan memory sementara yang kemudian diteruskan menuju chipset atau CPU untuk diproses lebih lanjut. Proses transfer dan pengolahan informasi ini berlangsung sangat cepat dan tergantung pada ukuran RAM yang digunakan. Sehingga, semakin besar ukuran RAM, proses penyimpanan dan transfer informasi ke CPU semakin cepat.

Tolak ukur yang pertama saat kita memilih sebuah perangkat laptop atau smartphone android tentunya adalah CPU atau chipsetnya, dan RAM. Maka, pilihlah ukuran RAM sesuai dengan kebutuhan penggunaan.

Sebagai contoh, untuk kebutuhan penggunaan ringan sehari-hari seperti bertukar pesan online, atau aplikasi game kecil, RAM 2 GB sudah cukup. Namun, jika kita menggunakan perangkat kita untuk menjalankan aplikasi yang lebih berat seperti game online yang memerlukan pengolahan grafis dan ukuran yang lebih besar, maka kita memerlukan perangkat dengan ukuran RAM yang lebih besar agar prosesnya berjalan dengan baik.

Bayangkan jika aplikasi yang kita gunakan berukuran besar sementara RAM yang ada pada perangkat kita kurang mendukung atau berukuran kecil. Tentunya, hal ini akan berdampak pada performa komputer atau smartphone kita yang kita gunakan. Perangkat tersebut bisa jadi menjadi lebih lambat dan cepat panas.

 

Infinix Note 7 Lite Resmi Rilis di Indonesia, Berikut Spesifikasi dan Harganya

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×