logo


Doujutsu Terkuat, Ini Fakta Rinnegan yang Belum Tentu Kamu Tahu

Rinnegan merupakan mata terkuat selain Sharingan dan Byakugan

17 April 2020 05:45 WIB

Sasuke Rinnegan
Sasuke Rinnegan m.kwikku.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Rinnegan merupakan salah satu doujutsu terkuat di dalam serial Naruto. Konon, dibutuhkan kekuatan dari Uchiha dan Senju untuk membangkitkan mata ini. Uchiha Madara pernah melakukannya setelah menanamkan sel Hashirama Senju ke tubuhnya.

Selain kenyataan tersebut, mata ini masih punya beberapa misteri terlebih asal usulnya dan hubungannya dengan klan Otsutsuki.

Lalu apa saja fakta yang sudah diketahui? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini daftarnya:


3 Yonko Sudah Punya Anak, Bagaimana dengan Shanks?

Siklus kehidupan dan kematian

Rinnegan dalam bahasa Jepang, berarti samsara. Sementara itu, samsara sendiri bisa diartikan atau berfilosofi kehidupan dan kematian. Seperti diketahui, kekuatan Rinnegan memang tak main-main. Ia bisa menghidupkan jiwa seseorang yang telah mati, seperti yang dilakukan Nagato kepada penduduk Konoha.

Penyelamat atau Penghancur Dunia

Pemilik Rinnegan pastinya memikul membawa tanggung jawab ini. Dalam kisah Ninshuu, pemilik Rinnegan dikirim dari Surga untuk melaksanakan salah satu dari dua hal, menjadi penyelamat dunia atau menghancurkannya.

Sebelumnya, kedua peran itu telah diperlihatkan. Karakter penyelamat adalah Sasuke dan Hagoromo. Sedangkan penghancur, ada Madara, Obito, Nagato, Momoshiki, dan Urashiki.

Tak Semua Otsutsuki Punya

Mata Rinnegan pada dasarnya berasal dari klan Otsutsuki. Namun saking langkanya, bahkan anggota dari klan Otsutsuki belum tentu memiliki mata ini. Contoh saja Kaguya yang tidak punya Rinnegan, namun ia memiliki mata yang levelnya lebih tinggi yaitu Rinne Sharingan.

Pemanggil Gedo Mazo

Hagoromo dan Hamura pernah diperlihatkan menyegel chakra dari Ekor Sepuluh di Bulan. Cara memanggil Gedo Mazo diketahui harus menggunakan Rinnegan. Bukti lainnya, Madara setelah membangkitkan Rinnegan langsung memanggil Gedo Mazo dari Bulan. Selain itu, Nagato juga bisa melakukan hal yang sama.

Nah, itu tadi fakta-fakta mengenai Rinnegan, bagaimana menurutmu Kawan Jitu?

Spoiler One Piece 978: Dimulainya Pertempuran di Onigashima dan Terungkapnya Identitas Anak Kaido

Halaman: 
Penulis : Iskandar