logo


Tak Semua, Pemerintah Sebut Hanya Kelompok Ini yang Boleh Mudik

Pelarangan mudik dinilai dapat menghambat penyebaran virus corona

16 April 2020 20:55 WIB

Doni Monardo
Doni Monardo Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Pemerintah telah menghimbau kepada masyarakat Indonesia terutama yang berada di zona merah penyebaran virus corona untuk tidak mudik ke kampung halaman. Langkah tersebut dinilai dapat menghambat penyebaran virus corona.

Sementara, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo menyampaikan bahwa larangan mudik berlaku bagi ASN, TNI/Polri, pegawai BUMN, dan pegawai lainnya yang berpenghasilan tetap perbulannya. Sementara yang memiliki penghasilan tidak tetap dan kehilangan pekerjaannya maka diperbolehkan mudik.

"Mudik hanya bisa dilakukan bagi orang yang kehilangan pekerjaan sepenuhnya," kata Doni dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (16/4/2020).


Sembuh dari Virus Corona, Ini yang Diminum Sufmi Dasco

Doni menegaskan meski mereka diperbolehkan mudik, tapi wajib isolasi mandiri di kampung halamannya dengan mekanisme berbasis RT, RW, hingga desa.

Usai isolasi mandiri, pemudik tersebut akan mendapatkan bantuan dari pemerintah. "Setelah melalui fase isolasi mandiri akan dilakukan program padat karya tunai dan program peningkatan ketahanan pangan di bidang pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan," pungkasnya.

 

Mitigasi Dampak Covid-19, Kementerian PUPR Sediakan Ruang Usaha untuk UMKM

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati