logo


DPR Pastikan Dana Calon Jamaah Haji Tidak Digunakan untuk Penanganan Covid-19

Dia menegaskan bahwa pemberitaan tentang dana yang sudah disetorkan calon jemaah Haji akan dipakai untuk membantu penanganan Covid-19, sama sekali tidak benar.

16 April 2020 18:43 WIB

Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto
Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto dok jitunews/khairul anwar

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua Komisi VIII DPR RI, Yandri Susanto memastikan dana calon jemaah Haji tidak akan digunakan untuk penanganan virus Corona (Covid-19).

Dia menegaskan bahwa pemberitaan tentang dana yang sudah disetorkan calon jemaah Haji akan dipakai untuk membantu penanganan Covid-19, sama sekali tidak benar.

“Jika ibadah Haji batal, dana setoran Haji  yang sudah disetorkan bapak-ibu calon jemaah Haji ke bank penerima sama sekali tidak akan diganggu satu rupiah pun,” ujar Yandri dalam rapat virtual Komisi VIII DPR RI dengan Ditjen PHU Kementerian Agama dan BPKH, Rabu (15/4/2020).


Soal Dana Haji, Romi: Kalau Masih Ada yang Menolak, Itu Faktor Politis

Dalam hal ini, dia berharap agar calon jemaah Haji tidak risau atas dana yang sudah disetorkan. Karena semua akan dijamin keamanannya.

Meski demikian, ia menambahkan, jika nanti pelaksanaan ibadah Haji tahun ini gagal, maka dana Haji dari 2020 yang sudah dipersiapkan untuk pelaksanaan Haji akan direalokasikan untuk penanganan Covid-19.

"Jadi yang akan digeser atau direalokasikan untuk membantu penanganan Covid-19 adalah anggaran APBN yang sudah dianggarkan sebelumnya, sebesar Rp 325 miliar. Bukan dana yang disetorkan calon jemaah Haji,” tegasnya.

Jokowi Bisa Terjerat Kasus Korupsi Jika Salah Gunakan Dana Haji

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar