logo


Jangan Asal Pakai, Begini Cara Gunakan Masker yang Benar Agar Kulit Tak Rusak

Pemerintah mewajibkan menggunakan masker sebagai upaya pencegahan penularan virus corona

16 April 2020 16:47 WIB

Upaya Mencegah Virus Corona
Upaya Mencegah Virus Corona dok PLN

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Pemerintah telah mewajibkan masyarakat menggunakan masker apabila keluar rumah. Hal tersebut sebagai salah satu upaya pencegahan penularan virus corona.

Namun penggunaan masker perlu diperhatikan. Sebuah makalah terbaru dari Inggris menyebutkan bahwa penggunaan masker yang terlalu menempel pada wajah akan menyebabkan kerusakan pada kulit dan tentunya membuat tidak nyaman dipakai.

"Para pemakai akan berkeringat di balik masker. Hal ini menyebabakan gesekan yang bisa memicu kerusakan pada hidung dan pipi. Lebih jauh, kondisi ini dapat meningkatkan risiko infeksi," kata salah satu penulis studi, Karen Ousey dari University of Huddersfields, Inggris seperti dilansir Medical News Today, Kamis (16/4/2020).


Mengejutkan! Corona Bisa Bertahan di Masker Bedah Hingga 7 Hari

Oesy pun menyarankan agar menggunakan krim pelembap wajah sebelum menggunakan masker. Khusus tenaga medis yang diwajibkan menggunakan masker dalam waktu yang lama perlu menjaga kelembapan kulit agar tetap terhidrasi. Masker dapat dilonggarkan setiap dua jam sekali.

"Kami menyarankan agar tekanan dari masker dilonggarkan setiap dua jam sekali. Anda (tenaga medis) dapat menjauh sementara dari pasien dan membersihkan permukaan kulit anda," pungkasnya.

Mengejutkan! Profesor Jepang Sebut Tisu Toilet Ampuh Tangkal Corona

Halaman: