logo


Budidaya Jahe Merah, Tanaman Rimpang yang Dinilai Bisa Cegah Corona

Jahe merah banyak mengandung senyawa kimia seperti gingerol, zingeron dan shogaol. Rimpang jahe merah dapat digunakan sebagai obat gosok untuk mengobati encok dan sakit kepala.

16 April 2020 16:10 WIB

Ramuan Teh Jahe / Herbal
Ramuan Teh Jahe / Herbal womantalk.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Jahe merah akhir-akhir ini tengah naik daun, pasalnya dengan meminum rimpangnya dinilai bisa meningkatkan imunitas tubuh untuk menangkal virus corona (Covid-19).  

Jahe merah banyak mengandung senyawa kimia seperti gingerol, zingeron dan shogaol. Rimpang jahe merah dapat digunakan sebagai obat gosok untuk mengobati encok dan sakit kepala.

Selain itu, dapat juga digunakan untuk melancarkan sirkulasi darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, antiradang, penambah nafsu makan dan lain sebagainya.


Cara Membudidayakan Jambu Air (1)

Jahe merah sangat mudah untuk dibudidayakan. Penanaman jahe merah ini lebih efesien menggunakan polybag atau karung bekas.

Tahap pertama untuk memulai menanam jahe merah adalah mempersiapkan benih dan media semai. Benih Jahe dipilih dari umbi jahe merah yang sudah tua.

Cara menyemai bibit jahe merah dengan meletakkan bibit jahe merah di atas jerami tersebut kemudian tutup kembali dengan jerami ataupun alang–alang. Pada saat tahap penyemaian, bibit perlu dikontrol setiap hari agar kelembaban bibit jahe merah tetap terjaga.

Dua minggu kemudian setelah benih jahe merah tumbuh tunas, bisa dipindahkan ke polibag atau karung yang sudah berisikan media tanam yang menggunakan tanah yang sudah dicampur dengan pupuk kandang.

Perawatan jahe merah dapat dilakukan dengan melakukan penyiraman rutin. Pembersihan gulma yang tumbuh di media tanam harus dilakukan.

Tanaman jahe merah juga perlu dipupuk. Berikan pupuk susulan dengan menggunakan pupuk organik pada usia tanam 2 bulan dengan dosis kurang lebih 1/5 dari kapasitas media tanam karung tersebut. Untuk hasil terbaik, lakukan pemupukan sebanyak 3 kali hingga sebelum panen tiba.

Pemanenan jahe merah bisa dilakukan setelah tanaman jahe berumur sekitar 9-10 bulan. Jahe yang siap panen adalah jahe yang sudah melewati masa mengering, ini terlihat dari batang dan daunnya yang terlihat kering dan menguning.

Cara Membudidayakan Jambu Air (2)

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar