logo


Tips Fotografi dengan Ponsel Ala Darwis Triadi

Darwis Triadi, seorang fotografer profesional, membagikan tips bagaimana cara mengambil foto yang bagus meski hanya berbekal ponsel

16 April 2020 12:10 WIB

reddit

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Smartphone saat ini tidak bisa dianggap remeh terlebih untuk urusan fotografi. Pasalnya, kemampuan kamera yang ada pada sejumlah ponsel pintar terbaru layak disejajarkan dengan kamera DSLR.

Bahkan, seorang fotografer profesional Indonesia, Darwis Triadi juga sempat memberikan tips dan trik bagaimana mengambil gambar foto seperti seorang profesional meski hanya berbekal ponsel. Berikut ulasannya.

Pelajari Fitur yang Ada di Kamera


Tips Anti-Bosan saat Belajar dari Rumah Ditengah Wabah Covid-19

Sebagai langkah awal, anda harus mengetahui fitur apa saja yang dimiliki oleh kamera smartphone. Mulai dari fitur pendukung hingga tingkat warna yang dihasilkan. Selain itu, adanya lensa yang beragam seperti lensa Ultrawide, lensa potrait, dan lensa makro, juga akan mempengaruhi hasil jepretan.

“Saya mengambil gambar menggunakan fitur seperti zoom, expert, ataupun filter black and white,” kata Om Darwis.

Menurut Darwis, besaran megapiksel yang dimiliki oleh sebuah sensor kamera ponsel itu tak terlalu penting, karena tidak begitu berpengaruh terhadap hasil foto.

“Sebetulnya bukan seberapa besar pixelnya tapi lebih ke detailnya,” ungkapnya.

Perhatikan Cahaya

Menurutnya, faktor pencahayaan menjadi faktor penentu bagus atau tidaknya sebuah hasil foto.

“Jangan mengambil gambar dengan arah cahaya yang bertabrakan karena akan membuat gambar terlihat kurang bagus,” ungkap Darwis.

Lebih lanjut, Darwis menyarankan tak perlu menambah lightning atau pencahayaan saat mengambil foto di lokasi outdoor. Pasalnya, cahaya dari matahari sudah sangat cukup. Ia menjelaskan bahwa yang perlu dilakukan seorang fotografer hanyalah melihat darimana arah cahaya itu datang.

Sedangkan, pencahayaan atau lightning tetap diperlukan pada lingkungan yang kurang pencahayaan seperti saat berada di dalam ruangan. Kendati demikian, Darwis mengingatkan jangan samapai pencahayaan tersebut mengurangi detail foto seperti garis kontur wajah jika objek fotonya adalah manusia.

Kenali Objek

Selanjutnya adalah pemilihan objek fotografi. Menurut Darwis, setiap objek memiliki bentuk dan karakter yang berbeda-beda.

“Kalau manusia itu kan punya kontur muka yang berbeda setiap orang, jadi kita harus memahami bentuk wajah objek yang kita ambil,” terang Darwis.

Lakukan Hal ini Sebelum Membeli Headset Bluetooth

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×