logo


Negara Mana Saja yang Tak Terkena Virus Corona?

Virus corona sudah menyebar ke 181 negara di dunia

15 April 2020 14:25 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Virus corona (Covid-19) mulai muncul di Wuhan, China, pada Desember 2019 lalu. Menurut data dari Universitas Johns Hopkins hingga saat ini virus corona sudah menyebar ke 181 negara di dunia.

Dilansir dari Tirto.id, berikut ini beberapa negara yang belum melaporkan ada kasus Covid-19.

1. Negara Federasi Mikronesia


Ningsih Tinampi Pamer Obat Corona, IDI: Lucu, yang Klaim Bukan Orang Kompeten

Pemerintah Mikronesia mendeklarasikan keadaan darurat pada akhir Januari lalu. Pada 14 Maret, pemerintah memberlakukan kontrol perbatasan yang ketat.

Pada 31 Maret, Presiden Mikronesia David W.Panuelo menyatakan keadaan darurat selama dua bulan. Panuelo meminta warganya untuk menjaga kebersihan serta menghindari pertemuan sosial.

2. Kepulauan Solomon

Negara yang terletak di Oseania tidak memiliki kasus Covid-19/ Meski begitu, pemerintah tidak tinggal diam.

Pada 25 Maret, diumumkan keadaan darurat dan sudah mengirimkan sampel ke Australia untuk pengujian.

Selain Solomon, negara lain di Oseania yang belum memiliki kasus Covid-19 adalah Vanuatu, Samoa, Kiribati, Mikronesia, Tonga, Kepulauan Marshall Palau, Tuvalu, dan Nauru.

3. Korea Utara

Korea Utara belum melaporkan kasus Covid-19. Negara tersebut sudah mengambil langkah-langkah pencegahan yakni menyegel perbatasannya dengan China pada Januari.

4. Turkmenistan

Turkmenistan menyatakan belum ada kasus Covid-19. Turkmenistan sama seperti Korea Utara dalam hal mengisolasi negara. Ada sedikit pelancong yang bepergian melalui negara ini, sehingga kemungkinan virus belum datang.

5. Tajikistan

Tajikistan sudah melakukan pembatasan perjalanan meski belum ada laporan kasus Covid-19. Tajikistan akan memblokir masuknya warga dari 35 negara yang terkena Covid-19.

GNPK Nilai Ada Kegamangan Pemerintah Menetapkan Dasar Hukum Bencana Nasional Covid-19

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata