logo


Pemerintah Berikan Bantuan ke Setiap Keluarga Selama 3 Bulan

Dana BLT akan dicairkan pada bulan April ini sesuai arahan Presiden Joko Widodo

14 April 2020 20:12 WIB

Menteri Desa, Abdul Halim Iskandar
Menteri Desa, Abdul Halim Iskandar Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pemerintah akan memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dana desa kepada masyarakat yang terdampak virus Corona (Covid-19) di Desa. Dana BLT akan dicairkan pada bulan April ini sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menteri Desa, Abdul Halim Iskandar mengatakan besaran BLT Dana Desa itu adalah Rp22,4 triliun yang ditujukan untuk 12.487.646 kartu keluarga miskin.

Menurutnya sasaran penerima BLT ini utamanya untuk keluarga miskin non Program Keluarga Harapan (PKH) atau masyarakat yang menerima Bantuan Pangan Non Tunan (BPNT), yang belum mendapatkan kartu prakerja, kehilangan mata pencaharian, belum terdata (exlusion error) dan mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun atau kronis.


Andi Arief Sarankan Jokowi dan Ma'ruf Amin Berkantor di Istana Bogor

“Siapa yang berhak menerima bantuan langsung tunai Dana Desa ini adalah pertama kelompok miskin, kedua yang belum terdaftar selama ini, misalnya terjadi exlusion error dan yang ketiga kehilangan mata pencaharian, miskin mendadak karena Covid-19 terus kehilangan mata pencaharian, belum mendapatkan PKH belum mendapatkan bantuan non tunai dan belum mendapatkan kartu pra kerja,” ujar Abdul Halim Iskandar di Jakarta, Selasa (14/4/2020).

“Jadi penggunaan dana desa untuk bantuan ini adalah jangan sampai ada warga masyarakat yang terdampak Covid-19 secara ekonomi tidak tersentuh oleh kebijakan pemerintah baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah,” imbuhnya.

Geram, Jokowi Sebut Sejumlah Pemda Belum Ada 'Feeling' Terhadap Wabah Covid-19

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Aurora Denata