logo


Simak Tips Berhemat Serta Cara Cek Tagihan Listrik Online

Mari kita simak cara-cara mudah untuk berhemat listrik

14 April 2020 20:03 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi home.onehowto.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Waktu Anda melihat tagihan listrik, pasti rasanya ingin mengurangi totalnya. Sebisa mungkin jumlah total tagihan tersebut tidak sebanyak yang biasanya, dan bisa jadi lebih murah. Maka dari itu, sebelum Anda cek tagihan listrik, akan lebih baik jika Anda sudah menerapkan kebiasaan untuk hemat energi di rumah. Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menghemat listrik. Bahkan, cara-cara ini juga tidak mahal sama sekali. Justru, dengan melakukannya, maka tagihan listrik di rumah Anda bisa jadi lebih hemat lagi. Mari kita simak cara-cara mudah untuk berhemat listrik.

Tips Sederhana untuk Hemat Listrik di Rumah

Berhemat listrik memang memiliki tujuan utama untuk mengurangi biaya tagihan bulanannya. Namun, manfaatnya lebih dari itu. Jika Anda menerapkan berbagai kebiasaan untuk berhemat listrik, maka ini juga bisa membantu Anda untuk menyelamatkan lingkungan. Sebab, hemat listrik berarti Anda berhemat energi dan ini juga baik untuk lingkungan sekitar Anda. Semua ini bisa dimulai dari diri sendiri, bersama seluruh anggota keluarga di rumah. Anda cukup melakukan kebiasaan-kebiasaan sederhana yang dapat membantu menghemat listrik Anda, seperti berikut ini:


Suka Kesulitan Cari Benda yang Hilang? Lakukan Ini Dulu

Cuci Baju Saat Bajunya Sudah Cukup Menumpuk

Pertama-tama, Anda bisa membiasakan diri untuk mencuci baju ketika sudah menumpuk pas, sesuai dengan kapasitas mesin cuci. Biasanya, mesin cuci sendiri bekerja secara maksimal ketika Anda mencuci baju sesuai dengan kapasitas mesinnya. Artinya, cucilah baju tidak terlalu sedikit atau

kebanyakan agar tak terjadi overload. Selain itu, keuntungan yang utama dari menerapkan kebiasaan ini, yaitu Anda mencuci baju tidak terlalu sering. Pada akhirnya, ini jadi menghemat energi listrik yang Anda gunakan di rumah. Bahkan, Anda juga bisa hemat deterjen karena mencuci semua baju sekalian.

Mencuci Baju dengan Air Dingin

Terkadang Anda memang perlu mencuci baju dengan air panas, atau setidaknya air hangat. Bisa jadi, untuk membersihkan noda yang sangat bandel, tidak mau hilang. Atau, saat Anda ingin mencuci baju dengan disinfektan. Namun, kalau Anda mau hemat listrik, lebih baik Anda mencuci dengan air dingin saja. Terutama, kalau perlengkapan mesin cuci Anda juga dilengkapi dengan teknologi air panas untuk mencuci. Lagipula, jika Anda mengeluarkan sedikit tenaga untuk menggosok bagian pakaian yang perlu dihilangkan nodanya, biasanya ini pasti akan berhasil. Maka dari itu, cucilah baju-baju Anda dengan air dingin saja biar lebih hemat listrik.

Selalu Bersihkan Peralatan Elektronik Anda

Peralatan seperti mesin cuci, vacuum cleaner dan yang lainnya merupakan alat elektronik yang bisa dibilang cukup sensitif. Agar bisa berfungsi dengan baik, maka Anda perlu senantiasa membersihkannya. Terutama, untuk mesin cuci Anda. Bersihkan bagian luar hingga ke dalamnya, seperti membersihkan serat-serat kain yang menumpuk di lubang saluran pembuangannya. Ini bukan hanya akan menjaga peralatan elektronik Anda supaya makin awet, tapi juga membantu Anda menghemat listrik. Sebab, alat elektronik yang kondisinya bersih pasti dapat bekerja dengan lebih cepat dan maksimal. Kalau peralatan Anda tersebut sering ngadat atau berjalan dengan lambat, maka makin banyak daya listrik yang dikeluarkan, bukan?

Pastikan Pintu Oven Tertutup Saat Memasak

Ada kalanya Anda menggunakan oven untuk memasak. Jika Anda sedang memasak dengan oven, maka Anda bisa memastikan selalu menutup pintunya rapat-rapat. Ini bertujuan untuk memaksimalkan suhu panas di dalam oven tersebut. Kalau Anda sering-sering membukanya, maka suhu di dalamnya bisa menurun drastis hingga 25 derajat. Jadi, nanti oven Anda harus menggunakan daya besar untuk menaikkan suhunya kembali agar panas lagi. Makanya, jika Anda sudah menandai dengan timer, tenang saja, biarkan oven memasak makanan Anda sampai matang dan tidak perlu Anda membuka pintu ovennya. Setelah makanan matang, baru Anda buka ovennya.

Tidak Membuka Pintu Kulkas Terlalu Lama

Biasanya, semakin lama pintu kulkas itu terbuka, maka makin sulit bagi lemari es Anda tersebut untuk mempertahankan suhu dinginnya. Maka dari itu, mirip seperti cara kerja oven tadi, kulkas Anda yang suhu dinginnya berkurang karena pintunya terbuka terlalu lama, harus bekerja keras dengan daya listrik besar untuk mengembalikannya suhunya seperti semula. Ini berarti, Anda bisa membiasakan diri untuk tidak membuka kulkas terlalu lama supaya suhunya tidak mengalami perubahan yang terlalu drastis. Jaga suhunya tetap dingin sehingga konsumsi daya listriknya juga tidak terus meningkat.

Mengeringkan Baju Secara Alami

Cara selanjutnya yakni dengan mengeringkan baju tanpa perlu menggunakan pengering di mesin cuci. Sebab, pengering yang masih menjadi bagian dari mesin cuci tersebut, pasti membutuhkan daya listrik agar bisa beroperasi. Kalau Anda ingin berhemat listrik, dan kebetulan sedang tidak terburu-buru mengeringkan baju, kenapa tidak menggantungnya saja di bawah sinar matahari, dan biarkan kering setelah terkena panas dan angin? Anda bisa menggunakan hanger atau gantungan baju untuk menggantung semuanya. Baju-baju tersebut pun bisa digantung di luar atau dalam rumah. Ini akan membantu menghemat listrik Anda.

Mematikan Lampu Saat Tidak Digunakan

Anda perlu membiasakan diri untuk mematikan lampu ketika sedang tidak digunakan. Terutama, saat Anda sedang tidak menggunakan sebuah ruangan yang ada di rumah. Ini karena lampu bohlam biasa menghabiskan 95% daya listrik untuk menghasilkan panas. Sementara, 5% sisanya itulah yang dipakai untuk menyalakan lampu itu sendiri. Jadi, bisa disimpulkan bahwa sebenarnya Anda benar-benar bisa berhemat jauh lebih banyak, dengan mematikan lampu yang sedang tidak digunakan. Apalagi, saat siang hari di mana matahari masih bersinar terang, dan kemungkinan tidak ada banyak orang di rumah. Saat tidur malam hari, Anda juga bisa mematikan lampu kamar tidur dan ruangan-ruangan di dalam rumah.

Mandi Air Dingin dengan Tidak Berlama-lama

Kalau Anda punya shower di rumah, maka Anda bisa memilih mandi dengan air dingin saja. Sebab, biasanya, kalau airnya hangat maka ini akan membuat Anda berlama-lama di kamar mandi. Sementara, kalau Anda mandi air dingin, suhunya yang sejuk akan membuat tubuh Anda terasa segar dan lebih responsif. Jadi, Anda akan bersemangat sehingga Anda akan mandi dengan lebih cepat juga. Anda tidak akan berlama-lama di kamar mandi sambil membuang-buang air. Anda jadi bisa hemat air, dan kalau Anda menggunakan shower, Anda pun bisa berhemat listrik.

Matikan Peralatan Elektronik Saat Tidak Digunakan

Tentu saja, kita seringkali membiarkan peralatan elektronik menyala bahkan saat tidak digunakan. Misalnya, TV atau laptop yang tidak kunjung dimatikan, padahal Anda sudah selesai menggunakannya. Ini pasti menghabiskan daya listrik lebih besar bagi Anda. Sebab, sudah jelas bahwa Anda sedang tidak menggunakannya. Namun, Anda biarkan peralatan elektronik tersebut menyala. Apapun alat elektronik dengan lampu indikator yang masih menyala saat Anda sudah selesai menggunakannya, berarti itu bisa Anda matikan saja untuk menghemat daya. Mulai dari laptop, printer, televisi serta alat elektronik lainnya. Ini akan menghemat penggunaan listrik Anda.

Lepaskan Charger Baterai Saat Sedang Tak Digunakan

Ini juga sering terjadi, di mana Anda lupa mencabut charger dari stop kontak. Terkadang, kita pun sebenarnya tidak lupa tapi memang membiarkannya begitu saja. Meskipun charger tersebut sudah tidak digunakan untuk mengisi daya, namun listrik yang mengalir di dalamnya masih akan tetap menuju ke dalam charger tersebut. Inilah yang tidak disadari bisa menyedot listrik Anda. Oleh karena itu, selalu biasakan untuk melepaskan charger dari stop kontak, saat Anda sudah tak menggunakannya. Baik itu charger laptop, smartphone atau yang lainnya.

Segera Pilih Mode Sleep atau Hibernate untuk Laptop

Saat Anda sedang tidak menggunakan laptop, tapi belum selesai mengerjakan pekerjaan Anda, maka Anda bisa langsung mengaktifkan mode sleep atau hibernate pada laptop tersebut. Alih-alih menggunakan screen saver yang justru sangat boros energi baterai, sebaiknya Anda nonaktifkan sebentar laptopnya tanpa mematikannya. Ini bisa membantu membuat mesin laptop Anda kembali dingin. Selain itu, yang paling utama yakni daya listrik yang digunakannya juga jauh lebih hemat. Maka dari itu, Anda bisa membiasakan hal tersebut mulai sekarang. Ini bisa menghemat penggunaan listrik sekaligus tagihannya juga.

Cara Cek Tagihan Listrik Secara Online

Kini, pengecekan tagihan listrik serta pembayarannya bisa Anda lakukan dengan sangat mudah. Bahkan, Anda tidak perlu ke mana-mana, karena Anda bisa membayarnya dari rumah saja. Anda bisa mengecek tagihannya di toko online. Setelah membuka website toko online langganan Anda, Anda cukup menuju ke laman tempat cek dan bayar tagihan listrik. Setelah itu, masukkan nomor ID pelanggan Anda, dan total tagihannya akan muncul. Anda tinggal memilih metode pembayaran yang dikehendaki. Sama halnya dengan ketika Anda ingin membeli token listrik. Anda juga bisa menggunakan cara yang sama.

Kemudahan Cek dan Bayar Tagihan Listrik Online

Seperti yang disebutkan tadi, Anda bisa menikmati kemudahan untuk mengecek dan membayar tagihan listrik secara online. Prosesnya lebih cepat, praktis, aman. Selain itu, Anda tidak harus pergi jauh-jauh ke loket PLN. Bahkan, Anda tidak perlu ke ATM karena semua transaksinya dilakukan tanpa gesek dan tanpa struk. Anda pun bisa mengakses toko online tempat bayar tagihan tersebut, melalui smartphone maupun laptop. Membayar listrik rasanya tidak pernah semudah ini. Di samping itu, keuntungan utama lainnya yakni Anda bisa memilih metode pembayaran yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda. Prosesnya juga sangat aman dan terpercaya.

Demikian informasi tentang cara berhemat listrik, cek tagihannya serta pembayarannya secara online. Terutama, Anda bisa memperhatikan berbagai macam cara untuk berhemat listrik di rumah. Sebenarnya, caranya itu mudah saja, tapi yang penting Anda berkomitmen sendiri untuk melakukannya setiap hari. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan cara-cara tersebut di kantor untuk membantu menghemat listrik di sana. Gerakan hemat listrik seperti ini bukan hanya memotong biaya tagihan Anda, tapi juga membantu menyelamatkan lingkungan. Kalau listriknya hemat, maka panas yang dihasilkan oleh alat-alat elektronik juga jadi jauh berkurang. Ini baik tidak hanya untuk Anda di rumah saja, tapi juga buat lingkungan. Selain itu, mematikan alat-alat elektronik yang tidak digunakan, juga bisa meminimalisir risiko listrik menyetrum anak-anak, ketika mereka sedang bermain di dekat peralatan tersebut.

Hadapi Wabah Corona, PLN Siaga Jaga Pasokan Listrik Masyarakat

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata