logo


Kesulitan Kerja di Musim Corona, Para Artis Bakal Kebagian Kartu Prakerja

Anjuran pemerintah untuk mengurangi kegiatan di luar ruangan serta memicu keramaian membuat sebagian kalangan, termasuk artis terhalang untuk melakukan pekerjaannya

14 April 2020 15:45 WIB

kartu pra kerja
kartu pra kerja Sumut Invest

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pemerintah sedang melakukan berbagai upaya untuk mengatasi dampak yang ditimbulkan dari pandemi corona atau Covid-19. Namun anjuran pemerintah untuk mengurangi kegiatan di luar ruangan serta memicu keramaian membuat sebagian kalangan terhalang untuk melakukan pekerjaannya. Salah satunya adalah kalangan pekerja seni, termasuk para artis.

Untuk menangani persoalan tersebut, pemerintah menawarkan solusi berupa pemberian kartu prakerja. Hal itu disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio.

"Kami sudah bicara dengan para seniman, dengan para ekraf (ekonomi kreatif) yang berkaitan dengan ini memang para pelaku seniman ini sangat terdampak juga. Dari musisi, pemain drama, artis, bahkan penari dan lain sebagainya ini mereka sangat terdampak karena banyak mereka tidak bisa melakukan pekerjaannya secara rutin lagi," kata Wishnutama saat rapat kerja dengan Komisi X DPR RI lewat telekonferensi, Senin (6/4).


Hanya Bisa Pasrah, India Perpanjang Masa Lockdown Hingga 3 Mei 2020

Wishnutama mengaku sudah berbicara dengan para pelaku industri hiburan, termasuk para artis. Dari perbincangan itu, ia menyebut telah menggali keluhan serta berusaha mencari jalan keluar bersama.

Menurutnya, mereka akan mendapatkan bantuan langsung tunai setiap bulan. Selain itu, ada pula kursus online tanpa dipungut biaya.

"Banyak yang dibicarakan, terakhir, saya ngobrol sama staf ahli beliau, Ari Juliano, itu bicara soal kartu prakerja, akhirnya dibuatkan template. Imarindo untuk manajer artis, kru, asisten di artis manajemen, mengisi formulir untuk didaftarkan kartu prakerja," ujar dia.

Imbas Covid-19, Nikita Mirzani Berhentikan Sejumlah Karyawannya

Halaman: 
Penulis : Iskandar