logo


Bagaimana Ciri-ciri Terinfeksi Virus Corona?

Gejala dari Covid-19 dinilai hampir mirip dengan flu biasa.

14 April 2020 14:18 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Saat ini dunia tengah menghadapi pandemi virus corona (Covid-19). Virus ini muncul pertama kali di Wuhan, China, lalu dengan cepat menyebar ke berbagai negara di dunia.

Banyak ahli kesehatan menyarankan untuk menjaga kebersihan serta menjaga jarak dengan orang lain agar tidak terinfeksi corona.

Untuk mengetahui positif atau tidaknya seseorang terkena corona memang harus dilakukan tes kesehatan. Gejala dari Covid-19 dinilai hampir mirip dengan flu biasa.


Peneliti Bilang Obat Klorokuin Tingkatkan Risiko Serangan Jantung bagi Pasien Covid-19

Berikut ini adalah ciri-ciri terkena virus corona seperti dilansir dari fimela.com.

1. Demam

Demam merupakan tanda seseorang terinfeksi Covid-19. Suhu normal seseorang adalah 37,6 derajat. Profesor kedokteran pencegahan penyakit menular di Vanderbilt University School of Medicine, Dr William Schaffner, mengatakan bahwa jangan mengandalkan suhu badan yang diambil pada pagi hari tapi sore atau malam hari.

2. Napas pendek

Biasanya sesak napas merupakan gejala awal Covid-19. Gejala ini bisa muncul tanpa batuk.

Apabila dada terasa ketat atau mulai merasa seolah tidak bisa bernapas cukup dalam untuk mengisi paru-paru, sebaiknya langsung memeriksakan diri.

Tanda-tanda lainnya yakni rasa sakit terus menerus atau tekanan di dada dan bibir atau wajah kebiruan mengindikasikan kekurangan oksigen.

3. Batuk

Batuk yang terjadi adalah batuk yang mengganggu, batuk kering yang dirasakan dalam dada.

Pada Februari lalu ditemukan orang dengan kasus Covid-19 yang dikonfirmasi mengalami batuk berdahak.

4. Menggigil dan sakit tubuh

Rasa menggigil dan sakit di sekujur tubuh, kelelahan serta sakit pada sendi dan otot membuat sulit mengetahui apakah itu flu atau virus corona. Seseorang yang terinfeksi Covid-19 adalah gejala tidak membaik setelah seminggu atau lebih.

Berbahaya! Work From Home di Tempat Tidur Lebih Berisiko Terkena Penyakit

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata