logo


Sangat Cepat Menyebar, WHO Sebut Corona 10 Kali Lebih Mematikan dari Flu Babi

WHO mengatakan bahwa virus corona lebih mematikan dari pandemik flu babi pada tahun 2009

14 April 2020 04:39 WIB

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus
Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus national geographic Indonesia

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan bahwa virus corona lebih mematikan ketimbang virus flu babi pada tahun 2009.

"Kita tahu Covid-19 sangat cepat meyebar, dan lebih mematikan, 10 kali lebih mematikan dari pandemik flu 2009," kata Tedros dalam jumpa pers di Jenewa, Swiss seperti dilansir AFP, Selasa (14/4/2020).

Diketahui sampai saat ini, virus corona telah menjangkiti 1,8 juta penduduk dunia dan sejumlah 115 ribu diantaranya meninggal dunia. Sementara virus flu babi pada tahun 2009 yang lalu telah menjangkiti 575.400 jiwa dengan 18.500 diantaranya meninggal dunia.


Dampak Covid-19, Sampah DKI Jakarta Menurun

Tedros menjelaskan bahwa kasus corona penurunannya sangat lambat namun penambahannya sangat cepat. Oleh karenanya ia meminta seluruh negara agar melakukan pendeteksian secara dini dan melakukan berbagai upaya untuk menekan penyebaran corona termasuk isolasi pasien secara ketat.

"Penurunan kasus lamban ketimbang penambahan. Upaya pengendalian wabah harus dilakukan perlahan jika ingin dilonggarkan. Tidak bisa dilakukan secara sekaligus," ujar Tedros.

Limbah Medis Tak Boleh Sembarangan Dibakar

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati
 
×
×